Sukses

Adu Irit, Konsumsi BBM New Suzuki Ertiga Tembus 29,92 Km/liter

Pemenang untuk transmisi otomatis dimenangkan oleh tim satu dengan catatan konsumsi 35,24 km/liter.

Liputan6.com, Cirebon - Dalam lomba uji irit New Ertiga di acara media test drive Jakarta-Cirebon, konsumsi bahan bakar tertinggi dicatatkan oleh kelompok dua. Dengan menggunakan transmisi otomatis, mereka berhasil mencatatkan angka 29,82 km/liter.

Sementara itu, pemenang untuk transmisi otomatis dimenangkan oleh tim satu dengan catatan konsumsi 35,24 km/liter.

Angka tersebut diperoleh dari sejumlah faktor. Salah satu yang paling signifikan adalah menjaga kecepatan di angka 60 km/jam serta rpm rata-rata 2.000.  Ini dilakukan baik oleh pemenang transmisi otomatis ataupun manual.

Selain itu, pengujian dilakukan secara ekstrim di mana seluruh AC dimatikan selama perjalanan, serta jendela yang sedikit dibuka sehingga angin masuk ke dalam kabin. Terutama, saat melewati tol Cipali yang terkenal memiliki angin yang kencang.

Dari seluruh peserta media test drive, hanya dua kelompok yang catatan konsumsi bahan bakarnya di bawah 1:20. Posisi paling bawah, mencatatkan angka 17 km/liter.

"Itu karena kami sering nyalip, serta kecepatan rata-rata di atas 80 km/jam," kata Jules, salah satu anggota tim, Rabu (10/8/2015).

Dari tes uji irit ini, diketahui bahwa konsumsi bahan bakar New Ertiga lebih irit dibanding pendahulunya. Menurut Suzuki, hal ini disebabkan karena sedikit ubahan yang mereka berikan di bagian mesin.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini