Sukses

Airbags Sudah Ada di Mobil-Mobil Murah di Bawah Rp 130 juta

Pabrikan tampaknya tidak ingin main-main dengan keselamatan konsumen.

Liputan6.com, Jakarta - Airbag menjadi peranti keselamatan penting saat terjadinya tabrakan. Fitur ini berfungsi untuk melindungi pengemudi maupun penumpang dari kemungkinan terjadinya benturan pada setir dan panel dashboard. Sayangnya, tidak semua kendaraan telah didukung dengan fitur kantung udara pelindung tersebut.

Harga lagi-lagi menjadi alasan pabrikan otomotif atau agen pemegang merek tidak menyertakan airbag sebagai fitur standar. Ditengarai, menggunakan airbag bakal mengerek harga jual mobil semakin mahal.

Namun demikian, beberapa APM tetap menyertakan airbag pada sisi pengemudi dan penumpang sebagai fitur standar pada kendaraan yang dilego dengan harga terjangkau. Dalam hal ini, pabrikan tampaknya tidak ingin main-main dengan keselamatan konsumen saat terjadi insiden.

Berikut ini daftar mobil di bawah Rp 130 Juta dengan dukungan dual airbag:

1. Daihatsu Ayla

Mobil yang bermain di segmen LCGC ini telah mengaplikasikan fitur dual SRS airbags sebagai fitur keselamatan standar. Fitur keselamatan ini tersedia untuk pengemudi dan penumpang depan.

Sayangnya, fitur ini baru terdapat pada tipe X atau varian tertinggi Ayla. Menyoal harga, PT Astra Daihatsu Motor selaku produsen memasarkan mobil lima penumpang ini seharga Rp 111,7 juta untuk tipe X transmisi manual dan Rp 120,75 juta untuk tipe X dengan transmisi otomatis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next

2. Toyota Agya

Padahal, mobil tersebut baru dimulai dilempar ke pasar Filipina pada Februari.

Berbeda halnya dengan Daihatsu yang hanya menyertakan fitur dual SRS airbag pada tipe teratas, PT Toyota Astra Motor telah menyertakan peranti keselamatan itu untuk seluruh tipe Agya yang bermain di segmen LCGC.

Namun demikian, adanya peranti keselamatan tersebut berpengaruh terhadap harga jual. Toyota Agya dipasarkan dengan rentang harga lebih tinggi dari Daihatsu Ayla.

Dalam rentang harga maksimal hingga Rp 130 juta, Toyota Agya ditawarkan dalam dua tipe yaitu E dan G. PT Toyota Astra motor memasarkan Agya tipe terbawah yaitu E (MT) seharga Rp 109,83 juta. Sementara itu, tipe tertinggi dengan harga dibawah Rp 130 juta terdapat tipe G (AT) seharga Rp 127,86 juta on the road DKI Jakarta

3. Honda Brio Satya

(Foto: Honda)

Mobil terakhir dengan rentang harga maksimum Rp 130 juta yang telah didukung peranti dual SRS airbags adalah Honda Brio Satya. Sama seperti dua model diatas, Brio Satya juga bermain di segmen LCGC.

PT Honda Prospect Motor menawarkan seluruh tipe pada Honda Brio dengan dukungan dual SRS airbags sebagai fitur keselamatan standar. Dengan harga maksimum tersebut, Honda Brio Satya hadir dalam tiga tipe yakni A, S, E yang seluruhnya ditawarkan hanya dalam pilihan transmisi manual.

Honda Brio Satya A Rp 114,9 juta
Honda Brio Satya S Rp 119,9 juta
Honda Brio Satya E Rp 125,9 juta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini