Sukses

80 Persen Skuter Honda Akan Pulang Kampung

Honda motor memutuskan untuk memindahkan produksi skuter kecil ke Jepang.

Liputan6.com, Tokyo - Honda Motor memutuskan untuk memindahkan produksi skuter kembali ke Jepang. Hal ini mereka lakukan demi mempertahankan produksi domestik di tengah lesunya penjualan di negara asalnya tersebut.

Melansir Asia Nikkei, Selasa (15/9/2015), Honda akan membuat skutik dengan mesin 50 cc di pabriknya di Prefektur Kumamoto. Menurut mereka, perpindahan ini adalah langkah pertama untuk bergerak kembali ke `rumah`.

Shinji Aoyama, chief operating officer for motorcycle operations Honda Motor Company, Ltd., mengatakan bahwa model lainnya pun akan dibawa untuk `pulang kampung`. "

Kami berencana untuk memindahkan dua model lainnya dari Vietnam kembali ke sini (Jepang)," katanya.

Sampai saat ini, sebagian besar skuter Honda yang dijual di Jepang diproduksi di Tiongkok atau Vietnam. Kedua tempat produksi itupun melayani impor untuk beberapa negara Eropa, misalnya Inggris.

Honda berharap, perpindahan produksi ini akan meningkatkan produksi dalam negeri mencapai 70 ribu unit kendaraan di tahun fiskal 2016. Adapun jumlah skuter 50 cc yang akan dibuat di Jepang ditargetkan mencapai 80 persen.

Honda cukup kesulitan untuk mendapatkan konsumen baru. Tahun lalu, market share sepeda motor mereka turun 2,6 poin menjadi 46,9 persen. Meskipun masih sangat besar, tanpa inovasi memadai bukan tidak mungkin pasar mereka akan terus turun.

(rio/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini