Sukses

Porsche Cayenne Bisa Diandalkan di Trek Off Road, Ini Buktinya

Porsche World Roadshow 2015 yang berlangsung di Sirkuit Internasional Sentul juga menawarkan keseruan berlaga di trek offroad.

Liputan6.com, Sentul - Tidak cuma menyuguhkan sensasi di lintasan beraspal, Porsche World Roadshow 2015 yang berlangsung di Sirkuit Internasional Sentul juga menawarkan keseruan di trek off road. Lintasan off road dadakan yang dibuat khusus untuk gelaran ini sangat beragam dan cukup menantang.

Dalam sesi ini, seluruh unit yang digunakan berasal dari keluarga sport utility vehicle (SUV) Porsche. Setidaknya ada lima model yang digunakan, di antaranya Cayenne, Cayenne S, Cayenne Turbo, Cayenne Diesel, dan Cayenne GTS.

Sebelum memulai kegiatan, instruktur menginstruksikan untuk mengaktifkan fitur off road dan menaikkan ground clearance serta memilih suspensi mode comfort.

Porsche World Roadshow 2015 juga menawarkan sensasi berkendara di lintasan off road.

Rintangan pertama yang menghadang adalah tanjakan dengan sudut mencapai 30 derajat. Kemampuan fitur Hill Start Assist diuji di sini. Saat mobil berada di tengah tanjakan, kami diminta untuk berhenti.

Fitur ini mampu menahan mobil tetap diam selama 3-10 detik meski berada di tanjakan yang cukup terjal dan pedal rem tidak ditekan. Setelah merasakan fitur ini bekerja perjalanan kembali dilanjutan.

Rintangan kedua yang dilewati adalah permukaan jalan yang berlubang. Trek ini memungkinkan salah satu roda depan dan belakang akan menggantung. Namun distibrusi tenaga dari mesin ke roda yang merata membuat mobil ini mampu melewatinya meski secara perlahan.

Porsche World Roadshow 2015 juga menawarkan sensasi berkendara di lintasan off road.

"Begitu ada dua roda di atas (menggantung) maka traksinya akan membagi ke ban yang menempel permukaan. Jangan digas penuh, tapi perlahan agar tenaga yang salurkan merata," papar Axel, instruktur yang mengawal Liputan6.com.

Rintangan ketiga yang dilalui adalah tanjakan yang jauh lebih tinggi dan terjal dari tanjakan pertama. Porsche Cayenne yang bermodalkan tenaga 300 Tk hingga 520 Tk dengan torsi 550 Nm sampai 750 Nm dengan mudah menaklukan rintangan ini.

Porsche World Roadshow 2015 juga menawarkan sensasi berkendara di lintasan off road.

Saat menurun, giliran fitur Hill Decent Control yang unjuk gigi. Fitur ini mampu menahan mobil agar tidak meluncur bebas dengan kecepatan yang diatur secara elektronik.

Rintangan lainnya yang dilalui adalah jalanan miring. Trek ini mudah dilibas berkat angka dan sistem suspensi bekerja dengan sangat baik ditambah bantuan fitur Porsche Stability Management (PSM).

Simak video lengkapnya:

(ian/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.