Sukses

Kenali Strategi Over-Estimate Agar Selamat di Jalan Raya

Agar selamat di jalan raya, terapkan strategi over-estimate ini.

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi lalu lintas yang kacau membuat banyak orang emosi. Tidak jarang, perkelahian terjadi karena sesama pengguna jalan sama-sama arogan.

Dalam hal ini, penting untuk tidak menjadi pengendara yang emosional. Hal ini juga berguna agar pengendara tetap selamat dan terhindar dari kecelakaan jalanan.

Dalam buku Utak Atik Otomotif 2 (2009), Firmansyah Saftari memberikan sedikit tips bagaimana menerapkan strategi over-estimate agar selamat di jalanan. Strategi ini lebih menekankan pada usaha untuk mengalah. Berikut strateginya:

Saat diintimidasi

Sering kali pengemudi lain memancing kita untuk kebut-kebutan. Dalam hal ini, jangan pernah mengikuti ajakan tersebut. Anggap saja mobil mereka jauh lebih kuat dibanding mobil kita, maka kita pun tidak akan terpengaruh dengan ajakan tersebut.

Saat berakselarasi

Saat berakselarasi, sering kali ada juga kendaraan di sebelah kita juga sedang melakukan hal yang sama. Nah, dalam kasus ini, lebih baik agar kita memberikan kesempatan baginya untuk mendahului kita.

Saat ada yang ugal-ugalan

Banyak mobil ugal-ugalan di jalanan, dan tak jarang mereka berada persis di belakang kita. Jika hal ini terjadi, maka hindari gerakan tiba-tiba yang bisa membahayakan diri kita sendiri sambil memberikan celah untuk menyusul.

Saat dalam kecepatan tinggi

Saat dalam kecepatan tinggi. Pastikan bahwa jarak kendaraan kita dengan yang berada di depan cukup aman. Ini berguna untuk mengantisipasi jika tiba-tiba kendaraan di depan kita tersebut melakukan pengereman mendadak.

Saat akan menyalip

Di jalanan dua arah, pastikan jika ingin menyalip mobil atau motor, di jalur yang berlawanan tidak ada kendaraan lain. Jika ada, maka sebaiknya jangan memaksakan diri untuk menyalip. Tunggu sampai kendaraan di jalur lain tersebut melintas.

(rio/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini