Sukses

Daftar Motor Matik Buatan Indonesia yang Diekspor Hingga Eropa

Daftar motor matik buatan Indonesia yang turut diekspor ke luar negeri.

Liputan6.com, Jakarta - Sepeda motor rakitan Indonesia semakin meramaikan pasar dunia. Yang terbaru, PT Astra Honda Motor (AHM) berencana mengekspor bebek sport Sonic 150R ke tiga negara ASEAN.

Indonesia tak disanksikan sebagai basis produksi sepeda motor ASEAN. Alhasil berbagai model yang diproduksi di sini pun, seperti jenis motor sport dan matik turut dilepar ke luar negeri, bahkan hingga ke Eropa.

Lalu, motor matik apa saja yang diekspor ke mancanegara? Berikut uraiannya:

1. Yamaha

New Yamaha Mio M3 125 Blue Core yang diproduksi di Pulo Gadung tak cuma diproduksi untuk memenuhi pasar domestik. Executive Vice President PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Dyonisius Beti, menuturkan, 10 persen dari target bakal dialokasikan untuk pasar luar negeri.

"Dari 860 ribu unit target, 10 persen di antaranya untuk ekspor," katanya.

Adapun negara tujuan yang dibidik PT YIMM untuk pemasaran skutik tersebut antara lain Myanmar, Laos, dan Kamboja. Untuk pasar ekspor, Yamaha bakal lebih memperbanyak varian dengan velg jari-jari.

2. Honda

New Honda Sonic 150R merupakan sepeda motor yang bakal memperkuat jajaran motor produksi Indonesia yang dilempar ke pasar dunia. Honda Sonic bakal menyusul all new Honda BeAT eSP yang sudah diekspor ke Filipina sejak Juli 2015.

Tak kurang dari 30 ribu unit skutik bermesin injeksi 110 cc ini dipercaya bakal diserap pasar ASEAN.

Adapun, new Honda Sonic 150R bakal diekspor ke tiga negara ASEAN, yakni Filipina, Malaysia, dan Vietnam. Menurut salah satu sumber, AHM bakal mengekspor si ayago ke Filipina berupa unit utuh, sedangkan untuk pasar Malaysia dan Vietnam berupa engine assy dan frame part.

3. Suzuki

Suzuki menaruh asa yang cukup tinggi terhadap skutik anyarnya, Address, yang disingkap di Indonesia Motorcycle Show (IMoS) 2014.

Selain dua merek sebelumnya, Suzuki pun tak mau kalah Agen pemegang merek dengan logo huruf S juga memproduksi Address di Indonesia untuk dilepas ke 20 negara.

Pada saat peluncuran Address tahun lalu, Presiden Direktur PT Suzuki Indomobil Sales 2W‎, Shuji Oishi, mengatakan, skutik anyar ini bukan hanya dibuat untuk memenuhi pasar domestik. Address juga disiapkan bagi 20 negara yang tersebar di Eropa, Jepang, Australia, dan ASEAN.

(ysp/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini