Sukses

Bikin Kaliper Rem Cakram Aman dari Bandit, Begini Caranya

Kaliper rem mudah dicuri, ini solusi mencegahnya.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu komponen sepeda motor yang mudah dicuri adalah kaliper rem. Bagaimana tidak, banyak kaliper yang hanya dikaitkan dengan baut biasa. Kalaupun ada baut jenis lain, hand tools yang marak dipasaran tetap bisa membukanya. 

Lantas, bagaimana solusi untuk mencegah kaliper rem agar tidak dicuri? Firmansyah Saftari dalam buku Utak Atik Otomotif (2009) punya solusinya. Menurutnya, kunci agar kaliper rem tidak dicuri adalah memperkuat pengait, dalam hal ini bautnya. 

Pertama-tama, siapkan lem epoxy yang mudah didapat di super market. Lem ini terdiri dari dua komponen, yaitu epoxy sebagai bahan utama lem, serta hardener sebagai katalis untuk mengeraskan lem utama.

Kemudian, campurkan dua komponen tersebut dengan perbandingan yang sama persis. Setelah dicampur, tutup lubang baut hingga rata. Rapihkan sisa lem dengan menggunakan kain atau tisu. Setelah kering, dijamin baut akan sangat sulit dibuka.

Untuk membukanya kembali tidak akan mudah, termasuk bagi pemiliknya sendiri. Setidaknya, perlu waktu 5 hingga 10 menit untuk memahat lem di satu baut dengan obeng kecil dengan ujung yang tajam.

Tapi tentu, lebih baik bersusah payah seperti ini bukan, dibanding mengambil risiko kaliper rem seharga ratusan ribu digondol maling?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.