Sukses

Nama Tak Lazim, Pria Ini Ditolak Saat Bikin SIM

Pria ini mengganti nama karena tergila-gila film Toy Story.

Liputan6.com, London - Menggandrungi suatu film tidak dilarang asalkan tetap berperilaku positif. Namun demikian, salah seorang pria di Inggris bernama Sam Stephens dengan sengaja merubah namanya menjadi Buzz Lightyear.

Pria berusia 26 tahun ini adalah penggemar berat film animasi Toy Story. Stephens memutuskan mengganti namanya secara resmi dengan tokoh robot di Toy Story tersebut usai menghadiri acara penggalangan dana untuk penderita kanker.

Mungkin baginya nama tersebut menjadi seperti penyegaran diri, namun tidak halnya dengan institusi-institusi di mana namanya telah terdaftar. Salah satu contohnya ketika Driver & Vehicle Licensing Agency (DVLA) alias lembaga yang menerbitkan SIM di Inggris menolak permohonan Stephens yang ingin mengganti namanya sebagai Buzz Lightyear pada SIM yang dimiliki, demikian dilansir Motortorque, Senin (21/9/2015).

"Aku tahu mengubah nama tidak akan mudah tetapi saya sudah melakukan penelitian dengan cara menghubungi DVLA sebelumnya untuk mendapat SIM. Mereka bilang selama tidak ada yang menggunakan nama tersebut seharusnya tidak ada masalah," curhatnya.

Namun ternyata, Stephens menemukan fakta sebaliknya. Ia malah tersandung masalah saat mengurus pergantian namanya ke DVLA.

Alasan ditolaknya permohonan pria ini adalah karena dikhawatirkan akan membuat DVLA selaku otoritas yang menerbitkan SIM akan terhina di luar negeri. Ia pun menuding DVLA tidak adil karena sebelumnya banyak orang yang mengubah namanya seperti menjadi Harry Potter.

"Rasanya tidak cukup adil karena saya yakin ada begitu banyak Harry Potter yang tidak tersandung masalah," tutupnya.

(ysp/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.