Sukses

Maratua, Pulau Indah yang Butuh Perhatian Kita

Program CSR PT Astra Daihatsu Motor dilakukan untuk pengembangan dunia pendidikan di Maratua.

Liputan6.com, Maratua Perjalanan tim Terios 7 Wonders berakhir di Maratua. Namun bukan berarti petualangan juga berakhir. Di pulau kecil dengan luas daratan sekitar 383 km2 ini, petualangan bernilai sosial juga dilakukan. Pada kesempatan ini, program CSR PT Astra Daihatsu Motor dilakukan untuk pengembangan dunia pendidikan di pulau yang secara administrasi masuk dalam kawasan pemerintahan Kabutapen Berau, Kkalimantan Timur.

Data terakhir menunjukkan, penduduk Pulau Maratua berjumlah sekitar 2.818 jiwa, yang sebagian besar bekerja sebagai nelayan. Sementra itu, tingkat pendidikan di pulau ini masih sangat rendah. Sebagian besar penduduk hanya tamatan SD. Hal inilah yang kemudian mendapat perhatian CSR (Corporate Social Responsibility) PT Astra daihatsu Motor untuk mengadakan kegiatan donasi buku di 4 SD yang ada di Maratua.

Pantauan Liputan6.com, Senin (21/9/2015), keempat SD yang mendapat donasi buku dari PT Astra Daihatsu Motor adalah SDN 001, 002, 003, dan 004 Maratua. Rokky Irvayandi, Executive Coordinator Domestic Marketing PT Astra daihatsu Motor, saat melakukan kunjungan dan bedah perpustakaan di SDN  003 Maratua mengungkapkan, “PT Astra Daihatsu Motor tidak hanya berkunjung, tapi kami juga peduli dengan masyarakat pulau Maratua. Kami punya beberapa program CSR, hijau bersama Daihatsu (berkaitan dengan lingkungan hidup), pintar bersama Daihatsu (berkaitan dengan pendidikan), dan sehat bersama Daihatsu (berkiatan dengan tingkat kesehatan masyarakat).”

Lebih jauh Rokky menuturkan, Maratua memiliki potensi yang besar. "Sudah selayaknya masyarakat Maratua, khususnya para pelajar mendapatkan perhatian lebih. Semoga dengan adanya donasi buku ini, bisa memberikan semangat bagi para siswa untuk terus belajar."

Astra Daihatsu Motor mendonasikan buku pelajaran ke empat SD di Maratua

Sementara itu, perwakilan dari  Dinas Pendidikan Kabupaten Berau mengungkapkan, “pemerintah sejak lama telah mengakomodir anak-anak putus sekolah untuk bisa belajar kembali. Dengan menggunakan sistem kejar paket C dan paket B diharapkan angka buta huruf bisa diminimalkan. Semoga donasi buku dari PT Astra daihatsu Motor ini bisa merangsang para siswa untuk terus belajar.”

Donasi buku ke beberapa SD di Pulau Maratua merupakan bagian dari penjelajahan tim Terios 7 Wonders Borneo Wild Adventure. Tidak hanya menikmati keindahan Maratua, di pulau ini tim juga diajak untuk berjiwa sosial dengan peduli terhadap saudara setanah air.

(Ibo/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.