Sukses

Mobil BMW Bakal Punya Fitur Anti Lampu Merah

EnLighten dapat membatu pengemudi untuk menghindari menunggu lampu merah terlalu lama. Praktis, mereka bisa mengemudi secara efisien.

Liputan6.com, Jakarta - Tuntutan konsumen pada sebuah mobil terus berkembang. Tak cuma sekadar alat transportasi, pabrikan dituntut untuk memiliki pelbagai solusi untuk mempermudah mobilitas penggunanya.

Sebut saja Apple dan Android yang berlomba-lomba menyediakan solusi untuk sektor otomotif. Keduanya sama, punya platform infotainment yang terintegrasi dengan berbagai hal, mulai dari navigasi hingga akses ke aplikasi pada smartphone.

Pabrikan mobil mewah asal Jerman belum lama ini meneken kerjasama dengan sebuah startup asal Oregon, Amerika Serikat (AS), Connected Signals, yang mengembangkan aplikasi informasi lampu lalu lintas, EnLighten.

Seorang pendiri Connected Signals, Matt Ginsberg, menuturkan, aplikasi ini menyediakan informasi seberapa lama lampu hijau yang ada di depan dan seberapa lama pengemudi harus menunggu lampu merah secara real-time.

Dengan mengetahui informasi soal lampu merah, Ginsberg mengklaim, EnLighten dapat membatu pengemudi untuk menghindari menunggu lampu merah terlalu lama. Praktis, mereka bisa mengemudi secara efisien.

Untuk pengguna perangkat Apple, aplikasi ini bisa dikoneksikan ke layar infotainment melalui BMW Apps. Saat terkoneksi EnLighten akan beroperasi di layar infotainment pada dashboard mobil. EnLighten saat ini tersedia untuk smartphone iOS dan Android. Demikian dilansir dari Cnbc, Sabtu (26/9/2015).

Ke depan, BWM akan menyisipkan langsung EnLighten sebagai fitur standar dan bakal menyediakan informasinya di MID (multi-information display).



EnLighten memiliki kemampuan untuk memberikan informasi soal operasional lampu lalu lintas yang ada di depan mobil. Tentu, akan ada informasi yang berbeda-beda tergantung situasi. Tak hanya pada lampu lalu lintas di depan, aplikasi ini juga memberikan informasi saat pengemudi belok ke kanan atau kiri.

Sementara itu, Ginsberg mengungkapkan, sejak BMW mengumumkan ke publik soal kerjasama dengan Connected Signals, pihaknya langsung mendapat permintaan dari 2-3 ribu orang yang menginginkan layanan serupa di kotanya.

"Kami mendapat permintaan seperti itu dari berbagai negara -- khususnya dari wilayah timur dan barat Amerika Serikat," imbuh dia.

Dengan berafiliasi dengan BMW, ia  yakin, EnLighten dapat menyediakan informasi lalu lintas di lebih banyak kota. Untuk saat ini, layanan ini baru mendapatkan data lampu lalu lintas di 100, termasuk Portland, Eugene, Salt Lake City, Las Vegas, dan California.

(gst/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.