Sukses

Konsumen Klaim Performa Tesla Model S Tak Sesuai Kenyataan

Baru-baru ini sekelompok pemilik Tesla mempertanyakan apakah kekuatan Model S P85D akurat atau tidak sesuai dengan yang diiklankan.

Liputan6.com, California - Tesla identik dengan mobil sport listrik bertenaga besar. Tapi, baru-baru ini sekelompok pemilik Tesla mempertanyakan apakah kekuatan Model S P85D akurat atau tidak.

"Kami menulis kepada Anda sebagai kelompok pemilik Tesla, investor, dan pendukung yang paling penting," ujar 71 pemilik Tesla yang ditujukan pada CEO Tesla, Elon Musk, melalui surat terbuka. Demikian seperti dikutip dari Worldcarfans, Senin (28/9/2015).

Selanjutnya, surat itu mengatakan bahwa P85D dipasarkan dengan klaim yang mampu hasilkan 691 Tk. "Tapi sebetulnya tidak. Kami percaya, dengan berbagai metode pengujian, Model S tenaga maksimalnya hanya 557 Tk," tulis surat tersebut.

Para pemilik Tesla juga melampirkan bukti empiris yang bisa dicoba oleh semua orang. "Tenaga kuda yang hilang cukup terlihat pada kecepatan di jalan raya, dimana Model S dapat dengan mudah diungguli oleh Audi RS7," tulis surat itu.

Sebagaimana diketahui, di atas kertas tenaga Model S jauh lebih kuat dibanding Audi RS7. Menurut laman Caranddriver, Audi RS7 `hanya` hasilkan tenaga 560 Tk pada 6.600 rpm yang berasal dari mesin V8 twin-turbocharged dan intercooled DOHC.

Menanggapi keluhan ini, JB Straubel selaku chief technical officer Tesla mengatakan bahwa tenaga kuda tergantung varian mobil. "Ketika kami meluncurkan P85D, maka yang kami hitung adalah tenaga dari dua motor listrik sekaligus," tambahnya.

Ya, Straubel memang tidak memberikan jawaban langsung akan keluhan para pelanggan. Tapi, pasca tersebarnya surat itu, situs resmi Tesla menghapus angka tenaga kuda untuk model P85D.

(rio/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik

  • Tesla

Video Terkini