Sukses

Siapa Lebih Jago Parkir, Manusia atau Robot?

Fitur park assist bekerja layaknya robot yang membuat mobil bermanuver lebih sedikit ketika parkir.

Liputan6.com, California - Banyak yang beranggapan kemampuan manusia dalam mengendarai mobil sudah sempurna. Rupanya, anggapan tersebut berhasil ditepis melalui hasil riset yang dilakukan oleh AAA dan Automobile Club of Southern California’s Automotive Research Center yang membuktikan robot memiliki ketangkasan parkir mobil lebih baik.

Dilansir Popsci, Senin (28/9/2015), riset ini ingin menguji kemampuan parkir yang terdapat dalam sistem komputerisasi pada kendaraan. hampir 80 persen pengemudi yakin dengan kemampuannya sementara 25 persen diantaranya percaya dengan kemampuan parkir otomatis yang terdapat pada mobil.

Hasilnya terbukti, sistem pada mobil mampu memarkirkan mobil secara paralel dengan sempurna. Pengemudi yang memanfaatkan fitur park assist memiliki persentase membentur bidang sekitarnya 81 persen lebih sedikit.

Lebih lanjut, fitur park assist bekerja layaknya robot yang membuat mobil bermanuver lebih sedikit ketika parkir. Selain itu, sistem parkir otomatis ini juga memudahkan penggunanya untuk memarkir kendaraan dengan posisi lebih dekat ke trotoar. Dengan kata lain, pengemudi terhindar dari membentur trotoar saat menggunakan fitur itu.

Poin terakhir yang difokuskan AAA yaitu memarkir kendaraan dengan celah antara 15-20 cm dari trotoar yang tentunya sulit dilakukan oleh manusia. Biasanya, mobil sering terbentur pada bagian velg ataupun ban. Namun demikian, produsen kendaraan telah memprogram pada park assist agar dapat memarkirkan mobil.

Uji coba ini juga membuktikan jika manusia butuh waktu setidaknya lima menit untuk mengatur posisi mobil ketika parkir paralel. Padahal, perhitungan waktu tersebut dilakukan saat pengemudi telah menggunakan fitur kamera belakang yang memudahkan saat mundur. 

(ysp/ian)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.