Sukses

Top 5 Otomotif: Membandingkan Lampu Halogen, LED, dan HID

Serba-serbi lampu Halogen, LED, dan HID sukses menyedot perhatian pembaca setia Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Serba-serbi lampu Halogen, LED, dan HID sukses menyedot perhatian pembaca setia Liputan6.com.

Di samping itu, motor legendaris Suzuki hingga mobil curian Inggris yang dipasarkan ke Uganda tak luput dari sorotan.

Selengkapnya, berikut top 5 artikel otomotif liputan6.com pada Selasa 29 September 2015:

1. Pilih Mana, Lampu Halogen, LED atau HID?

Lampu terutama headlights (lampu utama) menjadi salah satu komponen penting pada suatu kendaraan. Selain berfungsi sebagai penerangan saat berkendara di malam hari atau berada di tempat gelap, lampu juga berguna sebagai penanda kendaraan saat terjadi hujan lebat.

Saat ini setidaknya ada tiga tipe lampu yang beredar dipasaran, yakni Halogen, light-emitting diode (LED) dan high-intensity discharge (HID). Dari ketiga jenis lampu tersebut, manakah yang memiliki kemampuan lebih baik?

2. Suzuki Bangkitkan Motor Sport Legendarisnya

GSX-R750 adalah sepeda motor legendaris yang pernah dibangun oleh Suzuki. Demi ikut Motorcycle Live, pabrikan berlogo huruf S tersebut dilaporkan bakal merestorasi GSX-R750 keluaran 1980.

Dilansir Visordown, Selasa (29/9/2015), Suzuki akan membangun ulang GSX-R750 dengan mengguankan komponen-komponen baru. Hal ini bertujuan agar sepeda motor mampu memberi daya tarik bagi para pengunjung.

3. Avanti, Pesaing Lamborghini dari India

Supercar umumnya dibuat oleh pabrikan yang berasal dari negara-negara maju. Katakanlah Ferrari dan Lamborghini, keduanya dibuat oleh pabrikan asal Italia. Ada juga McLaren yang berasal dari Inggris.

Tapi supercar yang satu ini adalah pengecualian. Dengan nama Avanti, supercar ini dibuat oleh Dilip Chabria (DC), pabrikan otomotif asal India, yang masih terhitung sebagai negara berkembang.

4. Melaju 260,9 Km/Jam Pakai McLaren, Bocah Ini Jadi Sorotan

Saat berusia 12 tahun, hal tergila apa yang pernah anda lakukan? Tentu, kegilaan tersebut masih lazim dilakukan oleh anak-anak bukan?

Namun, hal menakjubkan dilakukan oleh bocah bernama Steven Aghakhani. Bocah laki-laki berusia 12 tahun ini menggeber McLaren 650S pada suatu lintasan seorang diri. Aksi yang dilakukan Steven sukses menjadi viral.

5. Mobil Curian Inggris Dibuang ke Negara Ini

Para pencuri memiliki banyak cara untuk melenyapkan barang bukti mobil curian. Selain dipreteli, mobil curian ada juga yang dijual ke negara lain yang jaraknya cukup jauh.

Negara yang menjadi lokasi 'pembuangan' mobil curian asal Inggris adalah Uganda. Dilansir Motortorque, Selasa (29/9/2015), beberapa orang detektif asal Inggris berhasil menguak sebanyak 28 mobil yang dicuri kini berada di negeri yang pernah dipimpin Idi Amin tersebut.

(gst/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.