Sukses

Mesin Rotari Mazda Hidup Kembali Bulan Depan

Tokyo Motor Show edisi 2015 akan dimanfaatkan Mazda untuk memperkenalkan sebuah konsep yang menggunakan mesin rotari.

Liputan6.com, Tokyo - Hajatan otomotif tahunan, Tokyo Motor Show edisi 2015 akan dimanfaatkan Mazda untuk memperkenalkan sebuah konsep yang menggunakan mesin rotari.

Sebagaimana diutarakan bos pemasaran pabrikan berlambang sayap itu tidak menampik akan rencana tersebut. Dilansir Motor1, Mashiro Moro meminta media untuk terus memantau perkembangan. Ia memberikan bocoran, mobil bermesin rotari itu pamer diri di Tokyo Motor Show 2015. Kuat dugaan, Mazda akan meluncurkan suksesor RX-8.

RX-8 merupakan mobil Mazda yang memanfaatkan kelebihan mesin rotari. Tercatat, pabrikan Jepang ini meniagakan sportscar ini sejak 2003 sebelum memutuskan menyetop produksi pada 23 Agustus 2011.

Sekadar informasi, Felix Heinrich Wankel, merupakan sosok di balik lahirnya mesin rotari. Bila dibandingkan mesin 4 langkah atau dua langkah, cara kerja rotari bisa dibilang unik. Bila mesin 4 langkah menggunakan piston yang bergerak naik-turun, mesin rotari mengandalkan komponen bernama rotor yang punya fungsi untuk melakukan kerja hisap, kompresi, pembakaran, pembuangan.



Dikatakan, mesin Renesis 1,3 liter yang dibenamkan pada Mazda RX-8 punya tenaga setara dengan mesin 2,4 liter 4-silinder. Mesin yang mengandalkan dua rotor ini pun sukses menyandang titel International Engine of the Year dan Best New Engine pada 2003.

(gst/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini