Sukses

150 Motor dan 35 Mobil Ramaikan Kustomfest 2015

Kustomfest memiliki aturan sendiri sehingga tidak semua peserta dapat lolos dalam kontes ini.

Liputan6.com, Yogyakarta - Kustomfest 2015 bertajuk "Showin Soul" resmi dibuka dengan penampilan reog di area panggung hall Jogja Expo Center (JEC), Yogyakarta. Ratusan motor dan puluhan mobil berjejer di gedung JEC mulai hari ini hingga Minggu (4 Oktober 2015).

Direktur Kustomfest Lulut Wahyudi mengatakan, tema Showin Soul ini diambil agar para seniman kustom di Indonesia dapat mengeluarkan karya dengan sepenuh hati. Sehingga tercipta sebuah karya yang bagus dan tidak ternilai harganya sehingga pantas di pamerkan di Kustomfest 2015.

"Kami ingin coba ingatkan teman-teman insan kustom bahwasanya kustom merupakan seni yang harus menunjukkan jiwa, tidak saling tiru atau mengikuti trend saja. Semoga dunia kustom Indonesia semakin maju dan mari kita tunjukkan hati kita," katanya saat membuka Kustomfest 2015 di JEC, Sabtu (3/10/2015).

Ia menambahkan Kustomfest berbeda dengan festival dunia kustom lainnya. Kustomfest memiliki aturan sendiri sehingga tidak semua peserta dapat lolos dalam kontes ini. Tercatat ada 150 motor yang mengikuti kontes dan 35 mobil yang lolos seleksi. Sementara yang tidak lolos kontes untuk motor ada 132 motor dan 17 mobil.

"Ada 132 calon peserta kontes motor dan 17 calon peserta kontes mobil yang tidak lolos seleksi. Kenapa? karena kita masih dalam proses membangun dunia kustom di Indonesia ini dengan standar bukan dengan jumlah. Kalo dijumlah angka pendaftaran dikali jumlah calon peserta yang tidak lolos memang tidak sedikit, tetapi Kustomfest is quality show. Kami punya regulasi, kami punya standar," jelasnya.

Sementara itu, Didik Purwadi, Asisten Pemerintahan Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemda DIY berharap, event Kustomfest dapat menunjang perekonomian di Yogyakarta melalui kunjungan wisatawan di Kota gudeg ini. Event kelas International ini memang membuat Pemda DIY bangga dengan pencapaiannya yang keempat tahun.

"Kami menilai bahwa kustomfest ini merupakan hal yang sangat luar biasa. Kami mendukung agar ke depan event ini bisa menjadi kalender rutin sehingga bisa mendatangkan wisatawan dari dalam negeri maupun luar negeri," ungkapnya.

Kustomfest 2015 juga dihadiri VIP guest dari California yaitu Yaniv Evan dari Powerplant Custom Choppers, Khaichiro Kurosu dan Yuichi Yoshizawa builder dari Jepang.

(ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.