Sukses

Scrambler Jadi Solusi Cerdas Terjang Jalan Rusak Indonesia

Scrambler menjanjikan performa yang sama baiknya saat di jalan aspal maupun off road.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia dikenal sebagai negara beriklim tropis dimana hanya ada musim hujan dan kemarau. Kala musim hujan tiba, kondisi jalanan yang tadinya mulus bisa berubah menjadi keriting akibat tergerus hujan.

Pengguna roda dua pun mau tidak mau harus menerjang jalanan yang bergelombang. Demi mencapai tujuan, pemotor rela mengorbankan kenyamanan dan bahkan performa tunggangannya saat melintasi jalan yang kurang mulus.

Untuk itu, sebagian pemotor yang memiliki dana berlebih lantas memodifikasi tunggangannya demi kenyamanan saat berkendara di jalan rusak. Konsep kendaraan off road lantas dipilih karena diketahui memiliki performa yang baik di dua alam.

Tema besar yang sering dipilih dalam modifikasi berbasis off road yaitu scrambler. Tema ini menjanjikan performa yang sama baiknya saat di jalan aspal maupun off road.

Scrambler bermula dari motor jalan raya yang dimodifikasi agar bisa melintas di berbagai medan jalan. Konsep pada scrambler pun menghadirkan tampilan sepeda motor yang sederhana namun tetap menonjolkan sisi tangguh dan kecepatan.

Fokus ubahan yang dilakukan para modifikator dalam menggarap scrambler adalah pada rangka dan suspensi hingga kaki-kaki. Adapun sepeda motor yang digunakan jadi basis biasanya adalah sport bergaya naked atau tanpa fairing.

Agar dapat melahap permukaan jalan yang keriting dan off road, Anda dapat memanfaatkan limbah suspensi depan milik motor trail. Untuk menyesuaikan, supensi belakang juga ikut dirubah menggunakan komponen aftermarket yang lebih panjang antara 20-50 mm dari standarnya.

Lebih lanjut untuk kaki-kaki dapat memanfaatkan velg jari-jari yang dikenal memiliki durabilitas di medan off road. Ukuran velg baik roda depan dan belakang dibuat sama pada diameter 18 inci.

Agar tetap memiliki performa yang mumpuni di jalan raya, modifikasi Scrambler sebaiknya menggunakan ban enduro. Usahakan ukuran profil ban sama untuk depan dan belakang.

Menyoal aksesoris pendukung, Anda yang berniat memodifikasi bergaya scrambler dapat memanfaatkan setang yang lebar seperti milik motor trail. Sementara itu, panel instrumen menggunakan spidometer kecil yang dipasang di tengah setang. Lebih lanjut, desain headlamp menggunakan desain membulat dengan gaya minimalis.

Dengan berbagai ubahan tadi, Anda tidak perlu cemas saat menghadapi jalan keriting atau medan off road sekalipun. Selain itu, tampilan tunggangan juga makin gaya.

(ysp/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini