Sukses

Jangan Abaikan Tiga Faktor Ini Selama Konvoi

Aspek penting yang harus diperhatikan pengendara dalam menerapkan safety riding ada tiga, yaitu search, evaluate, dan execute.

Liputan6.com, Jakarta - Safety riding bukan hanya sebatas slogan semata, tetapi menjadi elemen penting dalam berkendara dengan baik dan aman. Sayangnya, pemahaman ini masih dipandang sebelah mata oleh para biker, khususnya saat melakukan rolling thunder atau berkendara secara beriringan.

Joel D. Mastama, Professional Safety Riding Trainer mengatakan, aspek penting yang harus diperhatikan pengendara dalam menerapkan safety riding ada tiga, yaitu search, evaluate, dan execute.

"Manusia dalam hal ini pengendara dan pengguna jalan, merupakan faktor utama seringnya terjadi kecelakaan di samping lingkungan dan kendaraan, sehingga penting adanya pengetahuan yang matang perihal safety riding," terang Joel di Jakarta, Minggu (4/10).

Tidak hanya memberikan teori, Joel juga memberikan simulasi rolling thunder dari Kemang menuju Plaza Timur Senayan, Jakarta. Rolling thunder yang diikuti 25 motor ini ditujukan untuk menghadiri acara Unity Pitstop di gelaran Indonesia Motorcycle Fest 2015.

Salah seorang peserta rolling thunder, Akbar Halim Putra, sangat mengapresiasi kegiatan ini. Anggota HSX125 Community tersebut berharap acara dengan tema seperti ini seharusnya lebih sering diadakan karena pengetahuan akan berkendara yang baik dan aman sudah tidak bisa ditawar lagi.

"Safety briefing ini jelas sangat berguna bagi kami, khususnya saya untuk menjadi pengalaman dan pengetahuan yang dapat disebarkan ke anggota komunitas lainnya sehingga dapat mengurangi angka kecelakaan yang disebabkan human error," tutur Akbar.

(fss/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini