Sukses

Yamaha Byson Disulap Jadi Perpustakaan Keliling

Anton -- sapaan akrabnya-- memanfaatkan Byson lansiran 2013 untuk membawa sejumlah bahan bacaan untuk para bikers.

Liputan6.com, Depok - Berbagai usaha dapat dilakukan untuk meningkatkan minat baca masyarakat, termasuk minat baca para bikers. Hal inilah yang dilakukan Anton Rumanto, bikers asal Depok, yang juga merupakan anggota dari Bionic (Byson Yamaha Owner Club).

Anton -- sapaan akrabnya-- memanfaatkan Byson lansiran 2013 untuk membawa sejumlah bahan bacaan untuk para bikers. Inisiatif yang diberinya nama Bikers Pustaka ini baru menyasar komunitas-komunitas sepeda motor di Depok.

Saat beraksi, Anton biasanya akan menghubungi Korwil Komunitas terlebih dahulu. Bila diizikan, ia akan meluncur berikut buku-bukunya ke tempat mereka Kopi Darat (Kopdar) atau Kopi Santai (Kopsan).

"Biasanya hanya pakai boks rokok, diikatkan di jok belakang motor menggunakan tali. Sekali berangkat bisa bawa 100 buku," ujar Anton, saat ditemui Liputan6.com di kawasan Universitas Indonesia (UI), Depok, Rabu (7/10/2015).



Alumni Ilmu Perpustakaan UI angkatan 2011 ini mengatakan, gerakan yang dimulai satu bulan lalu ini sukses menuai perhatian orang. Banyak pula yang kemudian ikut membantu. Salah satunya adalah Maman Suherman, penulis dan penggiat jurnalis literasi.

Gerakan Bikers Pustaka ini, terang Anton, terinspirasi dari gerakan serupa bernama Motor Pustaka, yang beroprasi Lampung Selatan dan diinisiasi oleh Sugeng Haryono.

Menurut Anton, tujuan gerakannya ini adalah untuk memberikan wawasan untuk para bikers. "Jadi anggota bikers bukan hanya dapat saudara, tapi juga ilmu," terangnya. "Mudah-mudahan para bikers turut berkontribusi untuk memajukan bangsa, sebab itu bukan tugas pemerintah saja," tambahnya.

Terakhir, pria yang memiliki akun Twitter @anton1302 ini berharap akan banyak pihak yang mendukung gerakan ini, terutama dalam hal sumbangan buku dan majalah seputar otomotif. "Selain itu saya juga berharap motor ada boksnya, biar lebih dan lebih banyak bawa bukunya," tutup Anton.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini