Sukses

Husqvarna Ikut Ramaikan Kelas Cafe Racer

Mengusung tema Classic Gun Sight, caferacer memiliki daya tarik yang kadang sulit dipahami.

Liputan6.com, Jakarta Husqvarna melihat potensi besar pada model caferacer. Pabrikan asal Swedia inipun menyiapkan model terbaru bergaya caferacer dengan mengusung tema Classic Gun Sight.

Dilansir bikeexif, Rabu (7/10/2015), Husqvarna mengonfirmasi rencana akan merilis dua motor. Model pertama mengambil model 401 concepts yang ditandai dengan desain caferacer yang futuristik.

Dalam mengembangkan model ini Husqvarna menggandeng rumah desain Kiska. Konsep 401 diberi nama Svart Pilen yang dalam bahasa Swedia berarti panah hitam dan Vit Pilen yang artinya panah putih.

Kedua motor konsep tersebut terinspirasi dari salah satu produk Husqvarna lansiran 1955, yaitu Silver Pilen. Motor ini diklaim memiliki mesin lebih kecil, ringan, dan cepat dibandingkan kompetitornya.

"Motor '401 concepts' bukanlah kenangan dan memori masa lalu, tetapi, mereka datang dengan kemurnian, kesederhanaan, dan nilai ekonomis yang merupakan prinsip fundamental dari bahasa desain Husqvarna," ujar Björn Shuster, salah seorang desainer senior Kiska.

"Jaman sekarang, banyak desainer yang memaksakan memasang mesin ke karya mereka, berbeda dengan kami yang ingin menciptakan kesan bebas pada motor ini," ujar Björn

Untuk urusan mesin, "kembar identik" ini hadir dengan mesin berkapasitas 400 cc dengan sistem pendingin cair. Diklaim mampu menghasilkan daya 43 Tk. Motor dengan bobot 135 kg ini menggunakan upside-down WP forks dan ukuran velgnya 17 inci.

Perbedaan dari kedua motor ini, terlihat jelas pada posisi stang. Pada Svart Pilen, posisi stang lebih tinggi dan lebih mengacu pada motor jenis scrambler, sedangkan Vit Pilen meggunakan stang jepit untuk menguatkan kesan caferacer.

Kepada Morebikes.co.uk, Reinhold Zens, Manager Directors Husqvarna menyebut motor ini akan dirilis pada 2017.

(ffs/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini