Sukses

Masalah pada Setang, Yamaha Tarik R3

Dalam kondisi tertentu bagian ini berpotensi retak saat dikendarai dan menyebabkan hilang kendali.

Liputan6.com, California - Lini model sport entry level yang baru saja dirilis oleh Yamaha , yaitu R3 kali ini tersandung masalah. Yamaha melakukan penarikan (recall) pada model R3 yang dipasarkan di Amerika Serikat (AS) karena ditemukannya cacat pada setang.

Dilansir Autoevolution, Kamis (8/10/2015), permasalahan ini terjadi saat perakitan yang mengakibatkan komponen segitiga atas pada setang cacat.

Melalui pernyataan resmi, Yamaha menjelaskan, masalah ini menimbulkan potensi retak pada komponen tersebut dan menyebabkan gangguan pengendalian sehingga meningkatkan risiko kecelakaan.

Lebih lanjut, cacat komponen ini ditemukan pada R3 produksi 2015. Sejauh ini, didapati sejumlah 16 unit Yamaha R3 telah ditarik untuk dilakukan perbaikan.

Adapun, perbaikan akan mengecek bagian kunci setang, switch utama dan mengganti tutup tangki bahan bakar. Yamaha juga sudah memasok kunci setang dan tutup tangki ke diler.

Untungnya, cacat produksi ini belum sampai terjadi insiden yang menyebabkan cedera. Para pemilik sepeda motor bermesin 300 cc ini juga telah dihubungi oleh Yamaha untuk perbaikan ke diler.

Sementara itu, tidak disebutkan apakah masalah cacat produksi pada setang Yamaha R3 ini juga berimbas pada model yang dipasarkan di negara-negara lainnya. Oleh karena itu, pemilik Yamaha R3 atau R25 diimbau untuk menghubungi diler demi memastikan apakah sepeda motornya termasuk dalam program recall atau tidak. 

(Ysp/Gst)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.