Sukses

Sedan Anyar Opel Pakai Teknologi Anti Nabrak Orang

Mobil akan bekerja secara otomatis membanting setir.

Liputan6.com, Berlin - Keselamatan pejalan kaki menjadi fokus dari pengembangan teknologi yang dilakukan oleh pabrikan otomotif. Pada prototipe sedan Insignia yang diciptakan Opel misalnya, telah didukung teknologi Automatic Collision Avoidance System.

Teknologi ini bekerja untuk menghindarkan tabrakan bagi pejalan kaki yang tiba-tiba saja menyebrang. Mobil akan bekerja secara otomatis membanting setir bilamana mengetahui ada orang yang tiba-tiba muncul ke jalan raya.

Adanya teknologi ini dapat meminimalisir potensi kecelakaan yang terjadi akibat anak-anak yang tiba-tiba nyelonong ke jalan raya. Mobil segera memperingatkan pengemudi dan bahkan langsung mengambil tindakan antisipasi dari terjadinya tabrakan.

Dilansir Worldcarfans, Jumat (9/10/2015), teknologi ini diciptakan sebagai salah satu bagian dari proyek riset yang dilakukan oleh UR:BAN. Insignia dilengkapi dengan kamera canggih dan radar yang dipadukan dengan modifikasi sistem pada pengereman serta kemudi.

Adapun pada prototipe model Insignia Sports, Opel telah melengkapinya dengan sistem komunikasi yang dapat membaca situasi lalu lintas serta rambu-rambu yang ada di sekitar mobil. Sistem ini memberi tahu pengemudi bagaimana mendekati persimpangan dengan mulus tanpa hambatan sehingga tidak perlu membuang-buang BBM.

(ysp/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini