Sukses

Penampakan Kusutnya Lalu Lintas China

750 juta orang bepergian serentak di seantero Tiongkok. Menyebabkan kemacetan yang sangat parah di titik-titik tertentu.

Liputan6.com, Beijing - Seberapa parah kemacetan yang pernah Anda alami? Jika Anda bertanya pada warga Beijing, China, maka jawabannya adalah saat 750 juta orang tumpah ruah di jalanan. Jumlah yang setara 3 kali lipat penduduk Indonesia.

Ya, kemacetan ini benar-benar terjadi di Negeri Tirai Bambu pada 1 hingga 7 Oktober lalu. Masa itu merupakan liburan panjang dalam rangka memperingati China's National Day. Kemacetan terparah terjadi di hari terakhir liburan.

Menurut koran lokal yang dikutip oleh Carscoops, titik kemacetan terparah terjadi di jalan tol yang menghubungkan antara Beijing, Hong Kong, dan Macau. Di sore hari, 50 slot pintu tol penuh dan antrean kendaraan bagaikan di neraka.

Belum lagi, saat keluar pintu tol, jutaan pengendara harus berebut jalan karena jalanan menyempit. Seperti yang terlihat pada foto, mungkin di jalanan yang menyempit itu hanya muat 10 jalur mobil.

Menariknya lagi, kemacetan sejenis ini bukanlah yang pertama yang terjadi di Tiongkok. 2010 lalu, sejumlah kendaraan terjebak kemacetan sepanjang 100 km di kawasan rute Beijing-Tibet.

Sebagai informasi, China merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia, yang mencapai angka 1,357 miliar pada 2013. Dengan jumlah kelas menengah yang terus bertambah, maka wajar jika kebutuhan akan kendaraan pribadi seperti mobil terus meningkat. Pada akhirnya, kemacetan serupa bukan tidak mungkin akan terjadi lagi.

(rio/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.