Sukses

Resep Bikin Honda CB Bandel

Menurut Ketua Paguyuban CB Depok Bersatu, Ibung, untuk membuat performa Honda CB bandel, perlu dilakukan sentuhan pada sektor pengapian.

Liputan6.com, Depok - Banyak yang mempertanyakan, apakah motor klasik seperti Honda CB masih bisa 'diajak berlari' hingga jarak jauh atau tidak. Faktanya, jalan jauh masih bisa dilakukan, asal dengan ketentuan tertentu.

Menurut Ketua Paguyuban CB Depok Bersatu, Ibung, untuk membuat performa Honda CB bandel, perlu dilakukan sentuhan pada sektor pengapian.

"Biasanya motor klasik kan pakai platina, nah harus dirubah pakai CDI. Itu yang paling penting, biar gak rewel," katanya, di Depok, Jumat (9/10/2015).

"Kalau sudah CDI, sudah aman. Sudah bisa dibawa kemana mana. Nah kalau mesin tidak usah diubah-ubah lagi," tambahnya.

Ia kemudian mencontohkan motornya sendiri, GL 100 lansiran 1982. "Contohnya motor saya ini, sudah jauh sekali jalannya, sudah sampai Lombok, dan gak ada masalah sama sekali," akunya.

Meskipun begitu, bukan berarti aspek lainnya tidak perlu diperhatikan. Motor klasik juga perlu perawatan biasa layaknya motor-motor lainnya. "Ya tentu saja, perawatan lain harus tetap dilakukan, misalnya ganti oli teratur, kalau rantai sudah longgar dikencangkan," tutupnya.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.