Sukses

McLaren-Honda Dongkrak Performa Mesin Mobil Formula 1

McLaren-Honda buat mesin V8 yang diklaim lebih agresif dan mampu bersaing dengan yang lain.

Liputan6.com, Jakarta - Tim Honda yang turun di ajang balap jet darat Formula 1 memutuskan untuk meningkatkan kemampuan mesinnya. Pengembangan ini dipantau langsung oleh juara F1, Fernando Alonso.

Melansir Grandprix, Senin (12/10/2015), Alonso mengawasi pengembangan mesin V6 turbo dengan spesifikasi baru. Mesin ini sendiri dibuat di Sochi, Jepang.

"Mesin ini memiliki tenaga yang kami harapkan, tetapi karena kami berada di posisi 10, maka saya sangat berharap mesin ini juga lebih baik dalam hal keandalannya juga," ujar pembalap asal Spanyol tersebut.

Rencananya, mesin baru ini akan siap diinstalasi di seri Austin, Texas, Amerika Serikat (AS). Menurut laman resmi Formula 1, balapan di lokasi tersebut akan digelar pada 23 hingga 25 Oktober.

Apa yang dilakukan tim McLaren-Honda ini didukung oleh beberapa pihak. Salah satunya adalah kompetitor mereka, Ferrari.

"Ferrari punya masalah tahun lalu, dan mereka berhasil mengatasinya," ujar ketua tim, Eric Boullier.

Peningkatan kinerja mesin ini dilakukan pasca Alonso mengkritik buruknya daya saing mesin Honda dibanding yang lain. Menurutnya, ia sangat kesulitan untuk berkompetisi dengan baik jika mesin yang digunakan masih yang lama.

"Ada banyak tempat (mesin Honda) yang perlu kita perbaiki," ujar juara dunia dua kali tersebut.

(rio/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini