Sukses

Jangan Coba-coba Bikin Replika Batmobile

Batmobile akhirnya diberi Hak Cipta. Tidak semua orang bisa memproduksinya.

Liputan6.com, New York - Batmobile adalah salah satu kendaraan unik yang tidak terhitung replikanya. Merasa dirugikan, DC Comic meminta mobil milik Batman ini diberikan hak cipta.

Gayung bersambut. Dilaporkan MSN, pengadilan federal Amerika Serikat (AS) memutuskan Batmobile berhak atas perlindungan hak cipta. Ini membuat mobil tidak bisa direplikasi seenaknya tanpa izin dari DC Comic selaku pemegang hak cipta.

"Seperti yang Batman katakan pada Robin: dalam masyarakat kita sekarang, perlindungan hak milik pribadi sangat penting," ujar hakim Sandra.

Tentu, tidak semua yang mengklaim sebagai Batmobile yang akan terkena teguran. Apa yang dimaksud sebagai replika Batmobile, dalam putusan itu, adalah mobil yang mulus dan kuat yang memungkinkannya bermanuver dengan cepat.

Keputusan ini muncul setelah DC Comic menggugat Mark Towle, produsen replika Batmobile. Menurut mereka, Towle mendapat banyak keuntungan dengan menjual Batmobile seharga US$ 90 ribu atau sekira Rp 1,2 miliar per unit.

Sementara menurut Larry Zerner, pengacara Towle, Batmobile pada dasarnya tidak bisa dilindungi oleh hak cipta karena alasan yang kuat.

"Karakter eksis hanya di buku komik, film, dan acara televisi," katanya. "Mereka tidak eksis di dunia nyata. Di dunia nyata, itu (Batmobile) hanyalah sebuah mobil biasa," tambahnya.

Meskipun demikian, pengadilan tetap menganggap Towle salah. Menurut mereka, Batmobile versi Towle tetap tidak mengubah karakteristik bawaan mobil.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.