Sukses

Pemotor Boleh Masuk Jalur 'Busway'

Dibukanya jalur khusus bus membuat perjalanan mereka lebih aman dan lebih cepat.

Liputan6.com, Edinburgh - Penggunaan jalur khusus bus tidak hanya terdapat di Jakarta yang digunakan oleh Transjakarta. Di Eropa, jalur khusus bus juga dibuat di Edinburgh, Skotlandia.

Uniknya, bila di Indonesia jalur Busway harus steril dari kendaraan lain, di Edinburgh yang terjadi malah sebaliknya. Otoritas berwenang di ibukota negara persemakmuran Inggris itu memperbolehkan pemotor dan pesepeda masuk jalur khusus tersebut.

"Dengan membiarkan pemotor menggunakan jalur bus maka membuat perjalanan mereka lebih aman dan lebih cepat. Selain itu, cara ini bisa dibilang hampir tidak menghasilkan berdampak buruk pada operasional bus," jelas Lesley Hinds, Anggota Seksi Transportasi Dewan Kota Edinburgh.

Dilansir Morebikes, Senin (12/10/2015), peraturan ini dilaksanakan dalam bentuk uji coba selama sembilan bulan. Pemotor dibebaskan melintas di jalur bus dengan total jarak 64 km selama periode tersebut.

"Uji coba ini akan dipantau secara berkelanjutan. Ini dilakukan untuk melihat dampak kebijakan bagi seluruh pengguna jalan lainnya," tutupnya.

(ysp/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini