Sukses

2 Miliar Mobil akan Penuhi Dunia pada 2035, Jalan Bakal Penuh

Pabrikan otomotif berlomba untuk menciptakan model-model baru dengan teknologi terbaru untuk menggaet konsumen sebanyak mungkin.

Liputan6.com, California Mobil adalah moda transportasi yang dapat dengan mudah dijumpai hari ini. Tidak heran jika pabrikan otomotif kemudian berlomba-lomba untuk menciptakan model-model baru dengan teknologi terbaru untuk menggaet konsumen sebanyak mungkin.

Pertanyaannya, seberapa banyakkah mobil yang berada di jalanan seluruh dunia sekarang? Menurut laporan dari Ward Auto yang dilansir 2011 lalu, jumlah mobil di dunia telah mencapai 1,015 miliar unit pada 2010. Sementara itu, menurut Green Car Report, jumlah mobil pada 2014 mencapai angka 1,2 miliar.

Tercatat oleh Green Car Congress, hanya 2,5 persen dari jumlah tersebut yang tenaganya berasal dari batetai atau hibrida. Sementara sisanya, 97,5 persen, bermesin bensin atau solar, yang tentu saja lebih kotor karena menghasilkan emisi yang lebih banyak dibanding mobil listrik atau hibrida.

Dari banyak negara, China adalah negara dengan pertumbuhan kendaraan tertinggi. Pada 2011, kendaraan di negara Tirai Bambu itu meningkat 27,5 persen, jumlah yang setara dengan setengah pertumbuhan mobil global.

Angka pertumbuhan itu membuat jalanan di seantero Tiongkok dipenuhi 78 juta mobil (tahun ini sudah mencapai 100 juta lebih). Meskipun begitu, Amerika Serikat (AS) masih menjadi juara jumlah mobil terbanyak dengan 'koleksi' 239,8 juta unit. Tentu, saat ini jumlahnya lebih banyak lagi.

Diperkirakan, dengan pertumbuhan yang ada saat ini, jumlah mobil di seluruh dunia bisa mencapai dua kali lipat atau sekitar 2,5 miliar unit pada 2050. Sementara itu, Navigant Research memprediksi bahwa pada 2035, jumlah mobil akan mencapai 2 miliar lebih, dengan jumlah penjualan di tahun itu mencapai hampir 130 juta unit. 

(Rio/Sts)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.