Sukses

Datsun Ogah Jual Sedan

Pangsa pasar sedan sangat kecil, apalagi jika dibanding dengan jenis lain seperti MPV yang jadi mobil terlaris.

Liputan6.com, Jakarta - Datsun, pabrikan otomotif asal Jepang, memiliki dua lineup model yang dijajakan di pasar Indonesia, yaitu Datsun GO dan Datsun GO+. Padahal, di luar negeri, mereka juga memiliki satu model lain berjenis sedan dengan nama Datsun On Do.

Lantas, apakah PT Datsun Motor Indonesia (DMI) berniat untuk memboyong model ini ke Tanah Air?

Di sela-sela kick off Datsun Rising Challenge 2 (DRC 2) di Resto Plataran Dharmawangsa, Jakarta, Head of Datsun dengan tegas menyatakan tidak berniat untuk meniagakan model sedan di Indonesia.

"Tidak ada rencana untuk sedan. Datsun berusaha mencari pasar yang paling besar, saat ini memang paling besar masih model MPV, jadi sedan tidak masuk dalam hitungan," ujar perempuan yang akrab disapa Indri ini, Selasa (13/10/2015).

Menurutnya, kondisi pasar Tanah Air adalah alasan utama keputusan ini. Sebagaimana diketahui, pangsa pasar sedan sangat kecil, apalagi jika dibanding dengan jenis lain seperti MPV yang jadi mobil terlaris. 

Merujuk data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada periode Januari-Mei 2015, sedan hanya terjual 8.427 unit. Total penjualan tersebut menurun signifikan jika dibanding dengan periode yang sama ditahun sebelumnya yang mencapai angka 11.054 unit.

Sebagai informasi tambahan, Datsun On Do memiliki panjang 4.337 mm, lebar 1.700 mm, dan tinggi 1.500 mm. On Do dibekali dengan mesin empat silinder berkapasitas 1.600 cc yang semburkan tenaga 87 Tk.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.