Sukses

Top 5 Otomotif: Haram Geber-geber Motor Baru

Saran untuk tidak menggeber-geber motor baru karena masih dalam masa inreyen sukses menyedot perhatian pembaca setia Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Saran untuk tidak menggeber-geber motor baru karena masih dalam masa inreyen sukses menyedot perhatian pembaca setia Liputan6.com.

Di samping itu, waktu ideal penggantian v-belt skutik hingga penyebab ban goyang saat ngerem tak luput dari sorotan.

Selengkapnya, berikut top 5 artikel otomotif liputan6.com pada Selasa 13 Oktober 2015:

1. Jangan Geber Motor Baru, Ada Masa Inreyen


Bila Anda baru saja membeli motor baru, pasti akan mengalami masa inreyen. Masa inreyen (Belanda: inrijden) dimaksudkan mamaksimalkan perfoma motor di masa mendatang. Masa ini memberi waktu untuk semua "komponen" beradaptasi.

Misal hingga batas 1.000 km pertama atau sampai saat servis pertama yang ditentukan pabrikan, motor tidak boleh digeber hingga kecepatan maksimal. Atau tidak mengerem dengan kekuatan maksimal. Masa inreyen dijalani dengan amat hati-hati.

2. Kapan Waktu yang Tepat Skutik Ganti V-belt?

V-belt pada skutik berfungsi untuk mentransfer tenaga hasil pembakaran jantung mekanis ke roda belakang. Oleh karena fungsinya yang vital itu, penggantian komponen berbahan karet ini harus dilakukan secara periodik.

"Untuk v-belt itu sebenarnya setahun masih sanggup. Tapi, yang aman itu sebaiknya diganti setahun dua kali atau tiap 6 ribu kilometer," ujar Muhammad Haris, punggawa Aris Motor pada Liputan6.com, Selasa (13/10/2015).

3. Benarkah Motor Zaman Sekarang Lebih Ringkih?


Sebagai kendaraan yang diproduksi secara massal, tentunya tidak semua sepeda motor memiliki tingkat durabilitas yang persis sama. Terkadang, ada beberapa yang memiliki durabilitas kurang baik atau mudah rusak entah itu pada bagian rangka maupun komponen lainnya.

Dikatakan Muhammad Haris dari Aris Motor, kondisi seperti ini sebenarnya jamak ditemui di tiap model. Hanya saja, tidak semua orang menyadarinya.

4. 2 Miliar Mobil akan Penuhi Dunia pada 2035, Jalan Bakal Penuh

Mobil adalah moda transportasi yang dapat dengan mudah dijumpai hari ini. Tidak heran jika pabrikan otomotif kemudian berlomba-lomba untuk menciptakan model-model baru dengan teknologi terbaru untuk menggaet konsumen sebanyak mungkin.

Pertanyaannya, seberapa banyakkah mobil yang berada di jalanan seluruh dunia sekarang? Menurut laporan dari Ward Auto yang dilansir 2011 lalu, jumlah mobil di dunia telah mencapai 1,015 miliar unit pada 2010. Sementara itu, menurut Green Car Report, jumlah mobil pada 2014 mencapai angka 1,2 miliar.

5. Ban Terasa Goyang Saat Ngerem, Periksa Komponen Ini


Kadang pemotor mendapati tunggangannya terasa aneh saat dikendarai seperti muncul geal-geol atau goyang dari bagian roda terutama ketika mengerem cukup keras. Hal ini terkadang diacuhkan saja oleh pemilik sepeda motor dan menganggap jika masalah itu hanyalah karena ban kempes atau kurang angin semata.

Namun jangan salah, jika kondisi ban anginnya masih cukup tetapi gejala goyang masih sering muncul itu tandanya bearing atau laher roda sudah oblak. Gejala ini sendiri memang agak mirip dengan ban kurang angin dan sangat mempengaruhi handling pada sepeda motor terutama saat mengerem.

(gst/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.