Sukses

RUC, Mobil Berbahan Bakar Air

Liputan6.com, London: Air sudah lama ditaksir mampu menjadi bahan bakar alternatif. Kini mengendarai mobil berbahan bakar air bukan sekadar mimpi. Sebuah mobil ringan dengan bahan bakar hidrogen melakukan debut perdana melaju di jalanan London pada Kamis (18/6) lalu. Debut mobil bernama Riversimple Urban Car (RUC) ini berlangsung mulus.

Mobil ini berkapasitas dua penumpang, termasuk pengemudi. Seperti dikutip Daily Mail, dengan air penuh di tangki RUC mampu menempuh 386 km tanpa mengisi ulang. Bahkan, juru bicara RUC mengatakan, kalau mobil ini bisa melahap jarak maksimal 482 km.

Dengan berat total hanya 350 kilogram, RUC memang didesain sebagai mobil urban yang kompak. Dirancang oleh Alan Docking Racing di Silverstone, mobil ini diperkirakan dapat diproduksi pada tahun 2013.

Untuk tahap awal, proyek ini akan mengusahakan sepuluh mobil untuk disebar ke sejumlah kota di Inggris. Sistem pemasaran mobil ini tergolong unik. Tidak seperti mobil lain, RUC tidak diperjualbelikan. Mobil ramah lingkungan ini disewakan dengan harga 200 poundsterling atau sekitar Rp 3,3 juta per bulan.

Tidak seperti bahan bakar fosil yang menghasilkan tenaga dari proses pembakaran. Hidrogen yang memiliki tenaga ekplosif besar menghasilkan gas yang dengan reaksi kimia yang dikonversi menjadi energi listrik. Energi itu kemudian dialirkan ke empat motor listrik yang masing-masing bertugas menggerakkan setiap roda.(AND)
 
    Artikel Selanjutnya
    Ini Tempat Parkir Super Mewah Buat Mobil Eksotis
    Artikel Selanjutnya
    Ternyata, Ada Bagian Mobil yang Bisa Didaur Ulang, Apa Saja?