Sukses

Ini Risikonya Bila Motor Matik Pakai Ban Lebar

Salah satu dampak menggunakan ban lebar adalah potensi kerusakan yang lebih besar pada CVT,

Liputan6.com, Depok - Mengganti ban standar dengan yang lebih lebar menjadi salah satu modifikasi yang paling sering dilakukan pemilik sepeda motor, tak terkecuali yang berjenis matik.

Namun, bagi Anda yang belum menggunakan ban gambot tetapi berniat untuk itu, ada baiknya mengetahui dulu dampaknya. Sebab, pada motor matik, hal ini bisa menurunkan kinerja dari komponen continuously variable transmission (CVT).

Tatang, pemilik bengkel Tatang Motors di Kukusan, Depok, mengatakan, salah satu dampak menggunakan ban lebar adalah potensi kerusakan CVT, terutama di bagian v-belt.

"V-belt bisa cepat rusak, karena tenaga yang harus dikeluarkan lebih banyak. Pabrikan kan telah menghitung tenaga dengan ukuran ban yang pas," tuturnya saat ditemui Liputan6.com, Senin (19/10/2015).

Lebih lanjut, dia menambahkan, risiko lain pada ban matik yang menggunakan ban gambot adalah kampas kopling yang cepat tipis. "Itu (bobotnya) sama seperti bawa motor dengan tiga penumpang."

Maka jangan kaget, kata Tatang, bila motor akan lebih sering masuk bengkel untuk servis, dan otomatis uang yang dirogoh pun semakin banyak.



(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.