Sukses

Kick Starter Skutik Wajib Digunakan, Ini Alasannya

Dibandingkan dengan motor bebek, maka kick starter motor skutik lebih sulit untuk digunakan.

Liputan6.com, Depok Jika dibandingkan dengan motor bebek, maka kick starter motor skutik lebih sulit untuk digunakan. Sebab, posisi alat tersebut ada di bagian kiri belakang dan perlu standar ganda untuk menggunakannya.

Lantas, apa efek jika kick starter pada motor matik tidak digunakan? Tatang, pemilik bengkel motor di kawasan Depok, mengatakan bahwa ada potensi macet jika kick starter sama sekali tidak digunakan.

"Kick starter itu kan kering, seperti mesinnya, jadi lama tidak digunakan, bisa macet," katanya pada Liputan6.com, Senin (19/10/2015).

Lain halnya dengan kick starter motor bebek. Menurut Tatang, kick starter motor bebek lebih tahan lama meskipun jarang digunakan. "Kalau di motor bebek, jarang menggunakan kick starter juga tidak masalah, karena sistemnya basah (digenangi oli)," tambahnya.

Selain itu, menggunakan kick starter juga bisa membantu mengawetkan aki. Pasalnya, jika menggunakan electric starter, apalagi dalam kondisi mesin dingin, bisa membuat daya aki langsung tersedot dan membuat kerja aki lebih berat.

Karena alasan-alasan itu, pria yang telah membuka bengkel selama 8 tahun ini menyarankan pengguna skutik untuk tidak lupa menggunakan kick starter. "Harus digunakan perharinya, minimal satu kali," tutupnya.

(rio/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini