Sukses

Resep Agar Tarikan Motor Matik Lincah, Servis Tiap 3 Bulan

Ada cara umum yang bisa dilakukan agar tarikan sepeda motor tetap lincah, yaitu servis rutin.

Liputan6.com, Depok - Jika digunakan terus menerus dalam waktu yang panjang, performa dari sepeda motor akan semakin berkurang. Tentu, ini merupakan hal yang wajar, dan dialami oleh semua orang yang memilikinya.

Namun, kondisi ini bukan berarti sepeda motor didiamkan begitu saja. Ada cara umum yang bisa dilakukan agar tarikan sepeda motor tetap lincah, yaitu servis rutin.

"Untuk menjaga agar tarikan sepeda motor tetap lincah, maka solusinya mudah, servis rutin. Kalau motor skutik yang karburator per tiga bulan," ujar Tatang, pemilik bengkel di kawasan Depok, Senin (19/10/2015).

Tatang menjelaskan, asumsi waktu servis itu bisa jadi patokan bila motor digunakan tiap hari.

Lebih lanjut, untuk motor skutik hal yang harus benar-benar diperhatikan adalah kondisi CVT. "Untuk CVT, kalau bisa dicek 6 bulan sekali. Khusus untuk v-belt, kalau bisa per 20 ribu km diganti," tambahnya.

Selain servis rutin, cara lainnya agar kinerja mesin tetap bandel adalah tetap menjaga kondisi motor sesuai standar pabrikan.

"Banyak efeknya kalau dimodifikasi macam-macam. Misalnya kalau ditambah lampu ekstra, aki lebih cepat soak, kalau pakai ban besar kinerja CVT lebih berat," jelas Tatang.

Nah, untuk servis, Tatang merekomendasikan bagi para pemotor untuk melakukannya berdasarkan waktu penggunaan daripada km. "Itu teknis saja, sebab biasanya kalau hitungannya per km, orang lebih mudah lupa," tutupnya.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.