Sukses

Top 5 Otomotif: Beli Mobil Bekas Ada Risikonya

Tidak mudah memilih mobil bekas untuk menjadi kendaraan harian kita.

Liputan6.com, Jakarta Tidak mudah memilih mobil bekas untuk menjadi  kendaraan harian kita. Riwayat "hidup" mobil sering disembunyikan oleh pemiliknya. Di mata awam, mobil akan tampak sebagaimana mobil pada umumnya. Semuanya penuh risiko. Itulah hal yang menarik perhatian pembaca kanal Otomotif Liputan6.com kemarin.

Tips perawatan dan penggunaan motor juga tetap menjadi magnet kuat di sini. Tidak heran bila pada Senin (19/10/15) sejumlah tips menyangkut sepeda motor merupakan artikel yang popular. Berikut ringkasannya:

1. 3 Risiko yang Dihadapi Kalau Beli Mobil Bekas

Sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas (mobkas) ada banyak hal yang mesti diperhatikan. Namanya juga mobil bekas pakai, sudah semestinya konsumen harus memahami risiko saat membeli mobkas.

COO Mobil88 Halomoan Fischer menjelaskan, ada banyak risiko yang dihadapi konsumen. Tidak hanya kondisi kendaraan tetapi ada juga faktor lainnya. Dirinya mencontohkan mobil bekas yang dibeli menggunakan uang hasil korupsi.

2. Pakai Motor Matik? Jangan Lupa Ganti Oli Transmisi

Selain mengganti oli mesin secara rutin, pengguna motor matik juga harus memperhatikan oli transmisi. Oli yang juga disebut dengan oli gardan ini sama pentingnya dengan oli mesin.

Nah, apabila dibiarkan, akan berdampak buruk bagi motor. Misalnya akan timbul bunyi pada bak transmisi yang tentunya mengganggu saat berkendara.

3. Sekali Jalan Truk Ini Bisa Angkut 15 Mobil

Truk pengangkut mobil atau yang disebut car carrier pada umumnya hanya dapat membawa kurang dari 10 unit mobil. Namun di Tiongkok, sebuah car carrier dirancang agar mampu mengangkut 15 unit mobil sekali jalan.

Dilansir Carnewschina, Senin (19/10/2015), sebuah truk raksasa bermerek Foton Auman ini di dalamnya membawa 13 unit VW Tiguan, sebuah VW Polo, dan satu unit VW Touran. Truk ini menampakkan diri di Fifth Ring Road di timur jauh Beijing.

4. Yamaha Ungkap Sosok Mobil Sport Garapannya

Yamaha saat ini dikenal sebagai produsen otomotif spesialis sepeda motor. Namun siapa sangka, pabrikan berlogo garputala ini berhasil mengejutkan banyak kalangan dengan meluncurkan mobil sport.

Memang, pabrikan asal Jepang ini masih belum membocorkan seluruh rincian karyanya itu. Namun demikian, Yamaha dalam pernyataan resminya menyebut jika kendaraan ini memiliki konsep desain yang terinspirasi dari sepeda motor dan mengekspresikan gaya unik dari Yamaha, demikian dilansir Leftlanenews, Minggu (18/10/2015).

5. Resep Agar Tarikan Motor Matik Lincah, Servis Tiap 3 Bulan

Jika digunakan terus menerus dalam waktu yang panjang, performa dari sepeda motor akan semakin berkurang. Tentu, ini merupakan hal yang wajar, dan dialami oleh semua orang yang memilikinya.

Namun, kondisi ini bukan berarti sepeda motor didiamkan begitu saja. Ada cara umum yang bisa dilakukan agar tarikan sepeda motor tetap lincah, yaitu servis rutin.

(sts/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.