Sukses

Pria Ini Difabel, Tapi Bisa Ajarkan Orang Lain Mengemudi

Seorang pria asal Tiongkok mampu mengajarkan orang lain untuk mengemudi, padahal dirinya difabel.

Liputan6.com, Xiangyang - Inspirasi bisa datang dari siapa saja, termasuk dari seorang difabel. Contohnya adalah pria asal Xiangyang, Tiongkok bernama Chu Mingqiang ini. Meskipun ia tidak memiliki kaki seperti orang lain, tapi ia bisa melakukan banyak hal dan menginspirasi orang lain.

Laman Chinadaily melaporkan, meskipun difabel, Chu adalah pria yang mahir mengemudikan mobil. Untuk menginjak gas atau berjalan seperti biasa, ia mengandalkan dua bilah kursi sebagai pengganti kakinya.

Mobil yang digunakan Chu adalah mobil yang biasa digunakan oleh orang normal. Tidak dijelaskan apakah ada ada alat bantu yang digunakan. Tapi berdasarkan foto yang beredar, nampaknya tidak ada alat seperti itu.

Bukan hanya itu, lebih hebatnya lagi, ia juga turut mengajarkan orang-orang difabel lainnya untuk mengendarai mobil. Sejak memiliki SIM pada 2012, ia telah mengajar tidak kurang dari 50 orang.

Bahkan saat ini, salah satu siswa Chu bernama Qian Feng juga turut membantu gurunya mengajarkan para difabel mengemudi, setelah ia mendapat SIM pada Mei tahun lalu.

Apa yang pria berusia 45 tahun bukan hanya mendapat dukungan dari teman-teman atau muridnya saja, tetapi juga dari anak dan istrinya. Mereka mendukung segala aktivitas Chu dengan segala keterbatasan fisiknya.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.