Sukses

Lima Fitur Keselamatan yang Jadi Andalan Mobil Masa Kini

Berikut adalah 5 fitur keselamatan yang ada di mobil modern.

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan industri otomotif semakin maju. Apa yang tidak ada di masa lalu, telah hadir di masa kini. Salah satunya adalah fitur keselamatan yang semakin lengkap.

Pabrikan otomotif sendiri berlomba untuk menciptakan model yang semakin aman. Sebabnya, dengan fitur keselamatan yang lengkap, maka potensi untuk dapat lebih laris di pasaran juga semakin besar.

Apa saja fitur keselamatan tersebut? Melansir Carophoile, Rabu(21/10/2015), berikut ulasannya:

Forward collision warning

Forward collision warning atau peringatan tabrakan depan mampu mencegah pengemudi menabrak sesuatu di depannya, seandainya ia sedang lengah. Sistem ini menggunakan kamera, sensor, atau radar.

Cara kerja sistem ini, ia akan memberikan peringatan seperti bunyi-bunyi tertentu untuk mendapat perhatian pengemudi. Jika melewati batas tertentu, maka rem secara otomatis akan berfungsi.

>> Next

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Next

Blind spot warning

Sebagaimana namanya, sistem ini berguna untuk memantau titik buta pada kendaraan menggunakan kamera. Meskipun biasanya ada di mobil-mobil mewah, tapi mungkin ke depannya alat ini akan menjadi fitur standar.

Alat ini memberikan sinyal tertentu seandainya ada objek di blind spot. Jika alat ini berbunyi atau nyala, maka pengemudi harus menyesuaikan jalur berkendaranya agar objek yang ada di blind spot bisa terlihat.

Adaptive headlights

Fitur selanjutnya bernama adaptive headlights. Fitur keselamatan ini memungkinkan headlight bisa bergerak mengikuti setir. Ini membuat pandangan pengemudi lebih jelas.


Teknologi ini terbukti sangat efektif. Dengan fitur ini, pengemudi bisa melihat tidak hanya jalanan di depan saja, tapi juga lebih melebar ke sisi-sisi area yang tidak tersentuh cahaya pada headlight biasa.

>> Next

3 dari 3 halaman

Next

Adaptive cruise control

Fitur adaptive cruise control menggunakan informasi dari sistem navigasi dan kamera yang mampu membaca kondisi jalan untuk menyesuaikan kecepatan. Dengan fitur ini, mobil bisa melaju stabil pada kecepatan tertentu tanpa perlu lagi menginjak pedal gas.

Radar akan terus memindai jalan. Ia akan melaju sesuai kondisi lingkungan. Bila lengang akan mempercepat laju dan sebaliknya.

Rear camera

Fitur yang juga saat ini sudah banyak dipasang di mobil-mobil baru adalah rear camera. Terletak di bumper belakang, alat ini berguna untuk membantu pengemudi melihat kondisi jalan di belakang, misalnya saat parkir.


Kendaraan dengan fitur ini biasanya memiliki layar kecil yang dipasang di dashboard, dan akan aktif saat mobil berjalan mundur. Beberapa di antara back-up camera bahkan menampilkan garis imajiner yang menginformasikan jarak antara mobil dengan objek di belakangnya.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.