Sukses

Jutaan Mobil Tua Mazda Ditarik Dealer, Ada Apa?

Mazda dilaporkan akan menarik/recall 4,9 unit kendaraan di seluruh dunia karena kerusakan pada kunci kontak.

Liputan6.com, Hiroshima - Mazda dilaporkan akan menarik (recall) 4,9 unit kendaraan di seluruh dunia. Alasan penarikan adalah karena kerusakan pada kunci kontak yang bisa menjadi terlalu panas dan terbakar.

Anehnya, sebagaimana dikutip dari Driven, Jumat (23/10/2015), penarikan ini meliputi mobil-mobil tua. Misalnya Protégé lansiran 1990, MX-6 lansiran 1993-1997, serta MX-3 lansiran 1992-1993.

Masalah ini terjadi karena terlalu banyak gemuk pada kunci kontak saat mobil diproduksi. Gemuk ini bisa berkarbonasi dan mengurangi kemampuan insulasi listrik (berguna untuk mencegah aliran listrik).

Melemahnya insulasi ini membuat aliran listrik bisa menjalar ke berbagai tempat di kunci kontak. Pada akhirnya, penggunaan terus-menerus bisa membuat switch kepanasan sehingga berpotensi keluarkan asap, bahkan api.

Meskipun demikian, Mazda mengatakan bahwa masalah ini tidaklah mempengaruhi pengoperasian atau perangkat keselamatan mobil. Meningkatnya suhu juga tidak terjadi jika mobil dalam keadaan mati.

Sampai saat ini, dilaporkan telah terjadi 13 kali kebakaran kecil karena masalah ini. Meskipun begitu, tidak ada korban cedera.

"Kami sedang bekerja dengan pihak lain untuk menentukan jumlah pasti (termasuk yang berusia lebih dari 25 tahun). Setelah itu kami akan menghubungi pemiliknya untuk mengatur jadwal perbaikan," kata juru bicara Mazda Selandia Baru.

Direncanakan, penggantian kunci kontak mobil-mobil Mazda akan dilakukan pada Desember nanti. Konsumen tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk itu, alias gratis.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini