Sukses

Mobil Rusia Bakal Hadir di Indonesia, Ini Buktinya

Rusia melakukan penjajakan untuk menjual produk kendaraan roda empatnya di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Rusia melakukan penjajakan untuk menjual produk kendaraan roda empatnya di Indonesia. Hal ini sebagai bagian dari perluasan pasar bagi produk mobilnya ke negara lain.

Direktur Industri Alat Transportasi Darat Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Suryono mengatakan, tercatat ada dua merek mobil asal negeri beruang merah tersebut yang ingin masuk ke pasar Indonesia.

"Ada Lada dan Gaz, mereka mau coba masuk," ujarnya di Kantor Kemenperin, Jakarta, Jumat (23/10/2015).

Dia mengungkapkan, Rusia sebenarnya negara yang cukup maju dalam hal otomotif terutama roda empat. Namun selama ini produk-produknya hanya dijual di dalam negeri.

"Mereka kuat di domestik. Mereka impor juga mobil tapi rakyatnya lebih seneng pakai mobil sendiri, seperti Korea saja," lanjutnya.

Namun demikian, lanjut Suryono, ada hal-hal yang harus dilakukan Rusia jika ingin menjual produk mobilnya di Indonesia. Salah satunya Rusia harus membuka kantor perwakilan dari produsen mobilnya di Indonesia.

"Tidak ada dealer yang jual kendaraan mereka di Indonesia. Mereka belum ada di Indonesia. Jadi mereka harus buka office representative di Indonesia untuk perkenalan," kata dia.

Selain itu, Rusia juga harus melihat ketertarikan pasar Indonesia akan produk mobil. Pasalnya selama ini, produk-produk mobil asal Jepang begitu dominan di dalam negeri.

"Kita juga harus lihat penerimaan produk mereka di Indonesia, itu penting. Jangan sampai sudah ada di sini tapi ada image orang Indonesia tidak suka produk mereka. Kita pastikan image mereka bagus di Indonesia," tandasnya.

(dny/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.