Sukses

Honda Akan Luncurkan Transmisi 10 Percepatan?

Honda sedang mengembangkan transmisi otomatis baru 10 percepatan, dan akan diluncurkan `dalam waktu dekat`.

Liputan6.com, Tokyo - Honda mengungkapkan rencananya untuk memperkenalkan transmisi otomatis baru dengan 10 percepatan dalam waktu dekat. Saat ini, transmisi tersebut masih dalam tahap pengembangan.

Pengumuman ini diutarakan oleh Keiji Ohtsu, Chief Officer for Technology Strategy Honda. Menurutnya, sebagaimana dilaporkan Worldcarfans, transmisi ini akan digunakan untuk mobil front-wheel alias penggerak roda depan.

Transmisi anyar ini diproyeksikan akan menggantikan transmisi otomatis enam percepatan yang disandingkan dengan mesin V6 3,5 liter. Transmisi ini digunakan pada beberapa model Honda, misalnya Odyssey.

Ukuran transmisi baru ini sama besar dengan yang enam percepatan, serta kompatibel dengan banyak model. Ohtsu mengatakan bahwa perpindahan gigi akan lebih halus dan juga lebih hemat bahan bakar sebesar 6 persen.

Keunggulan lainnya, menurut laman Caradvice, adalah adanya fitur shift-by-wire, yang membuat pergeseran gigi menurun tidak harus berurutan. Adapun torsi yang dihasilkan dikabarkan mencapai 370 Nm.

Sayang, Ohtsu tidak menginformasikan lebih detail kapan transmisi 10 percepatan Honda ini akan diperkenalkan ke publik, atau model-model apa yang nantinya akan dilengkapi dengan transmisi ini.

(rio/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini