Sukses

Ciri Ban yang Cocok untuk Musim Hujan

Berikut adalah ciri-ciri ban yang cocok untuk digunakan saat musim hujan.

Liputan6.com, Jakarta - Malam tadi (2/11/2015), hujan akhirnya turun di beberapa daerah di Jakarta dan sekitarnya. Nampaknya, hujan tersebut jadi penanda bahwa sebentar lagi musim kemarau akan berakhir.

Bagi para bikers, musim hujan harus diantisipasi, salah satunya dengan cara mengganti ban. Jika selama ini ban yang digunakan adalah untuk trek kering, maka wajib hukumnya untuk mengganti dengan ban khusus trek basah.

Lantas, bagaimanakah ban yang sesuai untuk musim hujan tersebut? Melansir Astra Credit Companies (ACC), berikut ciri-cirinya:

Pertama, ban yang baik untuk musim hujan adalah ban dengan motif kembangan bergaris dengan jarak optimal, tidak terlalu rapat atau jarang, bukan ban dengan motif kembangan yang rumit. Ban dengan pola kembangan bergaris memiliki daya cengkerem optimal, dan lebih maksimal dalam memecah air.

Selain bermotif rumit, jangan pula gunakan ban slick. Meskipun jenis ban ini dapat mencengkeram aspal dengan maksimal, tetapi saat musim hujan fungsinya tidak berlaku. Selain itu, jangan pula gunakan ban yang benar-benar baru saat musim hujan karena biasanya masih dilapisi silikon licin.

Terakhir, perhatikan pula tipe alur pada ban. Ban memiliki dua tipe alur, yaitu bidirectional dan undirectional. Alur bidirectional lebih cocok untuk musim kering, sementara undirectional untuk musim hujan.

Ciri ban undirectional adalah memiliki telapak berbentuk V atau anak panah. Ban ini hanya bekerja optimal jika diluncurkan searah dengan yang direkomendasikan pabrikannya. Jenis ban ini lebih efektif dalam memecah air.

(rio/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.