Sukses

Panel Surya Ditanam di Jalan, Energi Alternatif Bisa Lebih Banyak

Jalan yang terbuat dari panel surya belum bisa dilalui kendaraan bermotor, kemungkinan dua tahun lagi.

Liputan6.com, Krommenie - Belanda boleh jadi adalah negara yang paling serius untuk mengembangkan teknologi ramah lingkungan. Tahun lalu, mereka menciptakan jalanan yang mampu menyerap energi matahari.

Melansir Thinkprogress, Rabu (4/11/2015), jalanan sepanjang 70 meter tersebut terbuat dari panel surya dan mampu hasilkan lebih dari 3.000 kWh, setara dengan kebutuhan energi satu rumah kecil untuk satu tahun.

The SolaRod, begitu jalan ini dinamakan, telah dilalui oleh 150.000 sepeda terhitung hingga Mei 2015. Ya, jalanan ini awalnya memang dibuat untuk pesepeda, bukan untuk pemilik kendaraan bermotor.

Sampai dengan saat ini, jalanan tersebut memang belum mampu menahan beban yang lebih berat dari sepeda. Untuk diketahui, panel surya ini dilapisi oleh dua kaca yang saling bertumpuk dengan kemampuan menahan beban yang terbatas.

Meski demikian, para peneliti dan pengembang masih terus melakukan penelitian dan uji coba agar hal tersebut bisa dilakukan. Waktu penelitian yang ditentukan adalah dua setengah tahun ke depan.

"Pengembang sedang bekerja untuk menciptakan panel surya yang bisa menahan bus dan kendaraan lainnya," ujar Arian de Bondt, Direktur Ooms Civiel, salah satu perusahaan yang turut serta di proyek ini.

Proyek ini merupakan salah satu jawaban atas keterbatasan energi yang ada saat ini. Secara luasan, ini berbeda dengan panel surya biasa. Jika panel standar perlu daerah yang luas, maka panel jalan ini bisa dipasang dimanapun, termasuk di wilayah-wilayah yang padat.

Apakah proyek ini berhasil mereka lakukan? Kita tunggu saja.

(rio/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.