Sukses

Sepeda Motor Apa yang Terpopular di Mesin Pencari?

Konsumen lebih banyak mencari brand yang identik dengan warna hijau di mesin pencari, ketimbang Honda dan Yamaha.

Liputan6.com, Jakarta - Honda dan Yamaha adalah rajanya sepeda motor. Tetapi tidak demikian di internet. Konsumen lebih banyak mencari merek Kawasaki di mesin pencari, ketimbang dua merek paling laris tersebut.

Data tersebut dihasilkan dari analisa yang dilakukan Carmudi, situs jual beli kendaraan online, terhadap perilaku pencarian 500 ribu konsumen.

"46 persen masyarakat melakukan pencarian terhadap merek Kawasaki, dan model yang populer adalah Ninja dan KLX," tulis mereka, dalam rilis resmi yang diterima Liputan6.com, Kamis (5/11/2015).

Sementara itu, sebagaimana diketahui bersama, pola ini berkebalikan dengan perilaku konsumen jika mencari motor di dealer konvensional. Jika tidak melalui internet, mereka lebih banyak mencari motor bebek dan skutik.

Dijelaskan lebih lanjut, munculnya pencarian mobil sport dan trail ini menunjukkan segmentasi yang khas. Hasil ini sekaligus mengkonfirmasi hasil survei yang dilakukan sebelumnya.

"Masyarakat yang menggunakan platform jual beli kendaraan adalah kelas menengah generasi Y dan memiliki ketertarikan untuk memenuhi kebutuhan sekunder dan tersier," ujar Gunnar Rentzsch, Co-Founder Carmudi Indonesia.

Penjualan sepeda motor di Tanah Air memang mencatatkan angka yang positif. Hingga September 2015, sepeda motor yang telah terjual sebanyak 4,8 juta unit, dimana 4,5 juta di antaranya didominasi merek Honda dan Yamaha.

(rio/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini