Sukses

Plat Nomor Limusin J. F. Kennedy Terjual Seharga Rp 1,3 Miliar

Plat nomor dari mobil yang membawa presiden Amerika Serikat (AS) ke-35, John F. Kennedy saat tertembak telah dilelang seharga Rp 1,3 miliar.

Liputan6.com, Michigan - Sepasang plat nomor dari mobil yang membawa presiden Amerika Serikat (AS) ke-35, John F. Kennedy saat tertembak telah dilelang. Harganya fantastis, terjual sebesar US$ 100 ribu atau sekira Rp 1,3 miliar!

Proses pelelangan oleh rumah lelang Heritage Auctions ini dilakukan pada Sabtu lalu (7/11/2015). Harga yang berhasil didapat lebih dari dua kali lipat dari harga pembukaan, US$ 40 ribu.


Diketahui, sebagaimana melansir BBC, Kamis (12/11/2015), plat nomor kendaraan tersebut dibuang saat limusin dipindahkan pada November 1963 atau pasca Kennedy ditembak mati di Dallas, Texas.

Plat bernomor GG-300 ini berwarna kuning, dengan kode nomor yang menunjukkan wilayah operasi di Columbia. Plat nomor ini diwariskan oleh seorang bernama Jane Walker dari orangtuanya.

"Saya menyadari signifikansi benda itu (plat nomor)," ucap Walker. "Pada kesempatan tertentu, saya akan membawa mereka keluar dan menunjukkannya ke teman-teman," tambahnya.

Ia kemudian menjualnya lewat perusahaan lelang. Plat terjual. Pelelangan mengatakan bahwa plat itu dibeli oleh seorang anonim yang sangat menggemari segala sesuatu tentang Kennedy.

The Presidential Limousine yang juga dikenal di kalangan Secret Service sebagai SS-100-X ini digunakan pertama kali pada Maret 1961. Setelah pembunuhan itu, ia dikirim kembali ke Hess & Eisenhardt untuk ditambahkan lapisan anti peluru.

Sempat digunakan lagi pada 1977, mobil Limusin Presiden ini sekarang terpajang rapi di Ford Museum di Dearborn, Michigan, AS.

(rio/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.