Sukses

Khusus Buat Cewek, Begini Cara Parkir Motor dengan Standar Tegak

Tapi sadar atau tidak, ternyata tidak semua orang bisa menguasai motornya dengan baik.

Liputan6.com, Jakarta Tidak dipungkiri, kian banyak kaum hawa yang mengendarai motor. Karena lebih cepat dan ekonomis membuat sepeda motor makin popular di semua kalangan.

Tapi sadar atau tidak, ternyata tidak semua orang bisa menguasai motornya dengan baik. Contoh paling gampang adalah soal parkir. Ini banyak dialami oleh cewek ketika harus parkir motor dengan memakai standar tegak.

"Berat dan ribet," begitu ujar Lita, seorang karyawati swasta di bilangan Senayan saat dijumpai Liputan6.com. Dan memang dari pengamatan kami, banyak perempuan yang mengalami masalah itu.

"Padahal setelah tahu tekniknya, ya mudah dan tidak seberat dulu," ujar Uno Kartika, pemilik motor skutik kepada Liputan6.com.

Untuk mempermudah parkir tegak, berikut mekanisme parkir yang membuat otot tidak terlalu tegang:

1. Matikan motor
Sebelum parkir, jangan lupa matikan mesin. Ini mengurangi resiko tuas gas terputar dan motor menabrak.

2.Turunkan standar samping
Untuk mencegah motor roboh saat pengendara turun motor, pasang standar samping.

3. Posisi tangan yang benar
Pegang stang kiri dengan tangan kiri dan tangan kanan ke behel belakang. Tegakkan motor dan lipat standar samping.

4. Injak dan angkat
Persiapan menegakan standar tengah dimulai dengan kaki kanan menginjak tuas standar tengah. Pada saat bersamaan, tarik stang kiri ke arah belakang dan tangan kanan membantu mengangkat motor disertai gerakan ke arah belakang.

Lepas motor terstandar tegak, luruskan posisi motor sesuai denga arah parkir yang telah ditentukan. Jangan lupa belokkan stang ke kiri dan kunci motor.

(sts/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini