Sukses

Bawa Mobil Gede, Tanggung Jawabnya Juga Gede

Handling pada mobil besar itu lambat dan tidak lincah.

Liputan6.com, Jakarta - Mengemudikan kendaraan yang ukurannya relatif besar butuh tanggung jawab yang juga besar. Bagaimana tidak, jumlah orang yang diangkut juga lebih banyak ketimbang mobil kecil seperti city car.

Pereli nasional, Rifat Sungkar, di sela-sela kegiatan New Outlander Sport dan Delica Driving Experience menjelaskan jika jumlah penumpang turut mempengaruhi handling. Akibatnya, handling pada mobil besar itu lambat dan tidak lincah.

"Mobil besar atau paling tidak yang namanya MPV tanggung jawabnya lebih, karena bawa penumpang setidaknya 5 atau 7 orang. Ini membuat handlingnya tidak secepat mobil kecil," ujar Rifat, Sabtu (14/11).

Mengingat kekurangan di aspek handling, Rifat menjelaskan jika seseorang yang mengemudikan mobil berukuran besar harus serba nyaman. Ini berarti pengemudi wajib memiliki posisi duduk yang baik dan pandangan saat berkendara yang leluasa.

Tak cukup sampai di situ, pembalap berusia 37 tahun ini mensyaratkan aspek teknis penunjang handling kendaraan juga harus dalam kondisi prima. "Selain situasi berkendara harus baik, mobil juga harus memiliki performa rem yang baik," tuntasnya.

(ysp/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini