Sukses

Mobil dengan Ground Clearance Tinggi Punya Kenyamanan Lebih

Kenyamanan yang ditawarkan pada mobil-mobil berukuran besar ini berasal dari travel suspensinya yang panjang.

Liputan6.com, Jakarta - Biasanya, mobil keluarga didesain dengan dimensi yang cukup besar, serta ground clearence yang relatif tinggi. Ground clearance yang lebih tinggi ini diciptakan agar menopang kenyamanan orang di dalamnya.

Pereli nasional sekaligus brand ambassador Mitsubishi, Rifat Sungkar, menjelaskan jika kenyamanan yang ditawarkan pada mobil-mobil berukuran besar ini berasal dari travel suspensinya yang panjang.

"Mobil yang gede semakin panjang travel suspensi, semakin empuk bantingannya. Kecuali, mobil-mobil off road karena suspensi disetel keras," beber Rifat usai memberi pengarahan di acara New Outlander Sport dan Delica Driving Experience, Sabtu (14/11).

Pembalap berusia 37 tahun ini menjelaskan, jika travel suspensi ini membuat roda sanggup melalui lubang yang lebih dalam tanpa khawatir membuat bantingan keras. Alhasil, mobil berayun lembut mengikuti gaya pegas dari suspensi.

Namun demikian, Rifat mengungkapkan jika tingkat kenyamanan melalui ground clearance yang tinggi tidak akan ditemukan pada mobil off road.

"Mobil off road ground clearance tinggi, tapi kurang nyaman karena memang suspensinya disetel keras," sambungnya.

Lebih lanjut, suami Sissy Priscillia ini menjelaskan jika bantingan suspensi pada mobil berjenis Low MPV juga termasuk keras. Karakter ini akan tetap sama sekalipun mobil dipenuhi penumpang.

"Naik avanza yang diisi rame-rame juga bantingannya keras. Kondisi seperti ini disebabkan karena travel suspensinya pendek," tuntasnya.

(ysp/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini