Sukses

Top 5 Otomotif: Merawat Motor Saat Musim Hujan Jadi Sorotan

Musim hujan sudah hadir. Risikonya, mobil atau motor jadi cepat kotor karena sisa cipratan air hujan maupun genangan di jalan.

Liputan6.com, Jakarta Musim hujan sudah hadir. Artinya kita akan sering bermain dengan air saat berkendara. Risikonya, mobil atau motor jadi cepat kotor karena sisa cipratan air hujan maupun genangan di jalan. Untuk menjaga kondisi motor tetap baik, sudah pasti kita akan sering mencucinya. Tapi tahukah Anda mengapa mencuci motor dengan alat steam kurang baik untuk motor kita? Itulah hal yang menjadi sorotan pembaca kanal Otomotif Liputan6.com kemarin,
Berikut ringkasan berita popular pada Rabu (18/11/15):

1. Ini Bahayanya Alat Steam Saat Cuci Motor
Pada umumnya tempat pencucian motor di Indonesia menggunakan alat semprot bertekanan tinggi atau yang biasa disebut steam untuk merontokkan kotoran. Adanya alat semprot yang ditekan udara dari kompresor ini membuat kotoran lebih cepat rontok.

Namun demikian, Anda harus waspada akan bahaya di balik alat steam ini. Enji, karyawan salon motor Restomax Moto Detailing menyebut, air bertekanan tinggi dari alat steam bisa merusak cat motor.

2. Rahasia Bikin Motor Tampil Klimis
Banyak alasan yang membuat orang malas untuk mencuci motor sendiri di rumah, salah satunya adalah ketiadaan alat-alat atau sabun khusus. Sebenarnya, tidak perlu sabun khusus agar motor kembali bersih mengkilap, kuncinya hanya sampo rambut dan sabun cuci piring.

"Sabun colek sebaiknya jangan, karena bikin bercak putih. Sabun cuci piring seperti Sunlight misalnya, itu bisa angkat kotoran dan lebih aman," ungkap Enji, karyawan Restomax Moto Detailing kepada Liputan6.com, Selasa (17/11/2015).

3. Ini Dia Penantang Yamaha NMax dari Kawasaki
Skuter bongsor menjadi kendaraan roda dua yang populer di Eropa. Berbagai pabrikan sepeda motor memanfaatkan momentum ini untuk menelurkan model skuter di benua biru.

Salah satu pabrikan yang tergoda menambah model skutik bengsor adalah Kawasaki. Pabrikan dengan ciri khas kelir hijau ini meluncurkan tiga model sekaligus di EICMA 2015 antara lain J300, Downtown 300, dan J125, demikian dilansir Autoevolution, Rabu (18/11/2015).

4. Ngebut di Tol Gempol, Porsche Cayman Babak Belur
Tol bukan sirkuit! Jadi jangan coba-coba memacu kendaraan melampaui batas kecepatan. Meskipun, tunggangan Anda didesain untuk melaju cepat.

Insiden kecelakaan yang terjadi di ruas tol Gempol-Pandaan (Gempan) perlu jadi pelajaran. Ya, sebuah Porsche Cayman babak belur saat melintas dengan kecepatan tinggi di tol tersebut.

5. Medley, Skuter Ergonomis Terbaru Piaggio
Piaggio beberapa waktu lalu merilis model baru di EICMA 2015 yaitu Medley. Skuter ini hadir dalam dua varian mesin yaitu 125 dan 150 cc.

Dijelaskan, Medley dirancang dengan perhatian besar terhadap detail dan finishing. Selain itu, skutik ini memiliki ergonomi yang sempurna sehingga dapat digunakan secara mudah.

(sts/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini