Sukses

Mobil Ini Paling Ramah Lingkungan, Apa Rahasianya?

Liputan6.com, California - Chevrolet Volt generasi terbaru berhasil memenangkan penghargaan sebagai Green Car of the Year 2016. Pengumuman tersebut dilakukan pada gelaran LA Auto Show, Amerika Serikat (AS).

Chevy Volt generasi kedua ini pertama kali diperkenalkan pada 2015 di ajang North American International Auto Show. Dengan baterai 18,4 kWh 300 V lithium-ion, Volt ini mampu melaju hingga 85 km dalam satu kali isi ulang.

Dengan penghargaan ini, Volt menjadi satu-satunya model yang mampu meraih titel lebih dari satu kali. Lima tahun lalu, Volt generasi pertama juga meraih gelar yang sama.

Sementara itu, model lain yang juga masuk dalam nominasi adalah Audi A3 e-Tron, Toyota Prius baru, Hyundai Sonata, dan Honda Civic. Menariknya, tidak ada satupun mobil bermesin Diesel dalam lingkaran finalis itu.

Adapun kelebihan Volt dibanding model-model tersebut, menurut para juri, adalah ketersediaannya. Beberapa juri yang dimaksud, menurut laman Autoblog, adalah komedian Jay Leno, serta Editor Green Car Journal Ron Cogan.

Tentu, selain itu kesemua model ini tidak mengeluarkan emisi bahan bakar yang berlebih. Chevrolet Volt bahkan sama sekali tidak mengeluarkan emisi pada 85 km pertama karena digerakkan dengan baterai.

Laman Autoblog juga pernah menganugerahi Volt sebagai mobil yang paling banyak dipilih pembaca. Volt menang dengan perolehan suara 42 persen. Sementara diposisi kedua ditempati oleh Toyota Prius.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini