Sukses

Mengapa Desain Daihatsu Ayla Seperti Sekarang, Ini Rahasianya!

Awalnya desain Daihatsu Ayla ingin dibuat murni sport. Tapi tidak jadi karena tidak cocok dengan kondisi jalan di Indonesia.

Liputan6.com, Cibubur - Ada yang menarik soal desain Daihatsu Ayla. Saat LCGC murah yang menjadi andalan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) ini masih dalam bentuk konsep, ternyata kreatornya memiliki beberapa pilihan desain.

Hal ini diungkapkan oleh Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran ADM saat konferensi pers acara PestaRia Ayla bertajuk family fun gathering di Taman Lalu Lintas Saka Bhayangkara, Cibubur, Minggu (22/11/2015).

"Saat awal merancang sebenarnya kita punya beberapa pilihan konsep. Kalau berbicara anak muda dan city car, identik dengan mobil yang memiliki ground clearance pendek atau ceper. Tapi kita tidak gunakan di Ayla karena kita lebih mengutamakan fungsional," ucap Amelia.

Mobil ini akhirnya didesain dengan ground clearance yang relatif tinggi, yaitu 180 mm, hanya beda 20 mm dari Xenia. Amelia mengatakan, dengan ketinggian tersebut, Ayla cocok dengan kondisi jalan di Indonesia yang relatif tidak terlalu mulus, banyak lubang dan genangan air kala hujan.

"Jadi waktu pemilihan desain kita pikir mobil ini harus mampu di berbagai kondisi jalan. Kalaupun banjir normalnya 50 cm itu masih tidak masalah. Intinya mobil ini memang khusus untuk konsumen Indonesia," imbuh Amelia.

Sebagai tambahan, proses pembuatan desain Daihatsu Ayla dikepalai oleh Mark Widjaja. Pria asal Surabaya yang menjabat sebagai senior styling designer ADM ini berhasil memenangkan kompetisi desain Ayla di Jepang beberapa tahun yang lalu. Selain Ayla, ia juga merancang LCGC yang lain, Agya.

(rio/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini