Sukses

Mobil Jadul Ini Seperti Kapsul

Dari sekian banyak mobil, ada dua yang menarik perhatian Liputan6.com, yakni Heinkel Kabinkruiser dan Suzuki CV-1

Liputan6.com, Malang - Berbagai model mobil klasik berbagai merek berjejer rapi di ruang pamer Museum Angkut yang  berada di Jalan Terusan Sultan Agung Atas No. 2 Kota Wisata Batu, Malang, Jawa Timur. Dari sekian banyak mobil, ada dua yang menarik perhatian Liputan6.com, yakni Heinkel Kabinkruiser dan Suzuki CV-1.

Mobil mungil yang hanya mampu menampung satu orang tersebut memiliki desain yang sangat unik. Bentuknya yang membulat seperti layaknya sebuah kapsul.

Model pertama adalah Heinkel Kabinkruiser yang merupakan produk Heinkel Flugzeugwerke dari Irlandia. Mobil roda tiga yang diproduksi antara 1956 hingga 1958 itu memiliki dimensi panjang 2,5 meter, lebar 1,3 meter dan tinggi 1,3 meter.

Dalam sejarahnya, produksi mobil 196 cc itu dipindahkan di bawah lisensi Dundalk Engineering Company di Irlandia pada 1958 tetapi lisensi tersebut ditarik tak lama kemudian karena kontrol kualitas yang buruk.

Suzuki CV-1 diproduksi pada 1981 di Jepang

Model kedua adalah Suzuki CV-1 lansiran 1981. Mobil mungil tersebut memiliki dimensi panjang 1,9 meter, lebar 1,2 meter dan tinggi 1,3 meter.

Suzuki CV1 mengawali debut perdananya dalam sebuah festival di dekat Kastil Himeji di Prefektur Hyogo, Jepang.

Mobil ini mengusung mesin 2-Tak 50 cc silinder tunggal yang memiliki kecepatan maksimun 32 km/jam. Produksi CV-1 berakhir pada 1985 ketika undang-undang perizinan Jepang berubah.

(ian/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.